Resmi Dibuka Hari Ini, Apasih SBMPTN Itu?

    0
    378
    SBMPTN
    Copyright©Pelajar Indonesia

    Resmi Dibuka Hari Ini, Apasih SBMPTN Itu?

    Indowarta.com – Selain Seleksi Nasioanal Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), bagi siswa di jenjang SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

    Jalur ini selalu di buka setiap tahunnya. Pada SBMPTN ini, calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri ke PTN harus mengikuti sederet ujian terlebih dahulu. Beberapa ujian yang harus mereka lalui yakni ujian tertulis dan ujian ketrampilan.

    Akan tetapi untuk ujian ketrampilan, tidak semua jurusan di perguruan tinggi akan memberlakukan ujian tersebut. Hanya ada beberapa jurusan yang membutihkan ujian ketrampilan diantarasnya seni dan olahraga.

    SBMPTN
    Copyright©Okezone

    Untuk SBMPTN tahun ini ada beberapa aturan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Seleksi bersama tahun ini, kuota yang ditentukan oleh perguruan tinggi negeri untuk menerima calon mahasiswa minimal 30%.

    Hal ini menunjukkan bahwa PTN dapat menentukan daya tamoung pada jalur SBMPTN diatas 30%. Jika tahun-tahun sebelumnya seleksi bersama ini hanya dilakukan dengan sistem paper, namun sejak tahun 2016 SBMPTN telah diberklakukan dengan menggunakan komputer.

    Jumlah pelaksana seleksi bersama Computer Based Terst (CBT) tahun 2016 lalu juga masih terbatas, yakni hanya dapat diikuti oleh 2.500 peserta saja. namun besarnya antusias dari peserta membuat panitia akhirnya meningkatkan kuota. Sistem CBT tahun 2017 ini ditingkatkan menjadi 30 ribu peserta.

    Pendaftaran seleksi SBMPTN 2017 ini telah resmi dibuka mulai hari ini, Selasa 11 April 2017. Calon mahasiswa sudah dapat mengakses dan melakukan pendaftaran mulai 11 April 2017 pukul 08.00 W*IB hingga 25 April 2017 pukul 23.59 WIB.

    Bentuk seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis terdiri dari Paper Based testing (PBT) dan CBT dengan target 30 ribu CBT peserta seleksi. Ujian tersebut juga dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2015, 2016 dan 2017 dari pendidikan menengah (SMA/SMK/MA) sederajat, termasuk paket C.

    Nantinya peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp 200 ribu. Biaya tersebut telah di subsidi oleh Kemenristekdikti. Bagi peserta yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dn memiliki prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana banyuan biaya pendidikan Bidikmisi.

    Baca Juga Berbagai Hal yang Musti Kamu Persiapkan Untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Mulai dari SNMPTN Sampai SBMPTN!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here