Berita Terkini: Mengaku Belum Siap, Sidang Tuntutan Ahok Ditunda!

0
623
sidang ahok
Copyright©detik

Mengaku Belum Siap, Sidang Tuntutan Ahok Ditunda!

Indowarta.comSidang Ahok yang beragendakan pembacaan tuntutan terhadap terdakwa penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya di tunda. Penundaan tersebut dilakukan karena jakwa penuntut umum mengaku belum siap dengan surat tuntutan.

Ketua tim jaksa penuntut umum Ali Mukartono dalam persidangan di Auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Ragunan Jaksel, Selasa (11/4) mengatakan jaksa penuntut umum telah berusaha sedemikan rupa, namun waktu satu minggu tersebut dirasa tidak cukup baginya.

“Yang Mulia ketua majelis tim penasihat hukum yang kami hormati, memang sedianya persidangan hari ini pembacaan tuntutan dari penuntut umum kami sudah berusaha sedemikian rupa, waktu satu minggu tidak cukup bagi kami.”

Ali Mukartono juga menyampaikan permohonan maaf lantaran waktu untuk pembacaan surat tuntutan tidak dapat dibacakan pada hari ini. seharusnya sidang Ahok hari ini beragendakan pembacaan tuntutan.

Sidang Ahok
Copyright©poskotanews

Hakim Dwiarso Budi Santiarto kemudian juga mempertanyakan soal ketidaksiapan jakwa penuntut membacakan surat tuntutan. Jaksa menyebut jika tim belum selesai menyusun tuntutan atas perkara dugaan penodaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

Seperti yang telah diketahui PN Jakut hari ini melanjutkan sidang kasus penodaan agama dengan terdakwa Ahok. Dilanjutkannya sidang Ahok ini telah ditetapkan oleh majelis hakim. Pejabat Humas PN Jakut Hasoloan Sianturi tidak menjelaskan mengapa majelis hakim tetap menjalankan agenda sidang penuntutan hari ini.

Padahal sebelumnya Kapolda Metro Jaya telah memberikan surat supaya sidang tuntutan kepada Ahok ditunda lantaran menjelang pengutan suara Pilkada DKI putaran kedua.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menyarankan dengan memberikan surat kepada pihak PN Jakut. Iriawan menyarankan agar sidang Ahok ditunda hingga usai pemungutan suara pilkada dengan pertimbangan masalah keamanan.

Terkait hal itu, Hasoloan mengatakan bahwa majelis hakim dapat memberikan tanggapan terhadap surat tersebut. Hal itu hanya dapat disampaikan oleh majelis dalam persidangan.

Sidang Ahok memang telah lama bergulir. Ahok didakwa melakukan penodaan agama lantaran menyebut serta mengaitkan Surat Al Maidan 51 dengan Pilkada DKI. Ahok menyebutkan AL Maidah 51 itu saat dirinya bertemu dengan warga di Pulau Pramuka, kepulauan Seribu pada 27 September 2016 lalu.

Baca Juga Berita Terkini: Sidang Ahok Ditunda, Proses Hukum Anies Sandi Dihentikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here