Berbagai Perguruan Tinggi TOP yang Jadi Incaran dalam SBMPTN 2017!

    0
    567
    SBMPTN
    Copyrigth©Kompas

    Berbagai Perguruan Tinggi TOP yang Jadi Incaran dalam SBMPTN 2017!

    Indowarta.com – Sebelum mendaftar untuk mengikuti ujian masuk perguruan Tinggi seperti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), informasi mengenai peringkat PTN 2016oleh Kemnterian Riset Teknologi dan perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mungkin dapat menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa.

    Berdasarkan data yang dirilis Kemenristekdikti 2016, ITB dan UGM berada di peringkat satu dan dua. Kedua perguruan tinggi negeri tersebut tetap bertengger di posisi tersebut dari tahun 2015 lalu. Sedangkan untuk posisi ketiga ditempati oleh UI.

    IPB bertengger di posisi keempat, posisi kelima ditempati oleh Universitas Brawijaya. Sedangkan Universitar Airlangga berada di posisi keenam, Universitas Hasanuddin di posisi ketujuh, Universutas Diponegoro diposisi kedelapan, dan Universitas Padjajaran di posisi kesembilan.

    SBMPTN
    Copyright©Okezone

    Ranking sepuluh besar di Indonesia ini masih tetap didominasi oleh perguruan tinggi negeri. Selanjutnya Kemenristekdikti akan mendorong perguruan tinggi yang masuk top ten tersebut untuk menuju perguruan tinggi kelas dunia.

    Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh tim independen yang dibentuk Kemenristekdikti berdasarkan pada penelitian akademik dan nonakademik. Kemudian pada tahun 2016, perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang masuk dalam pemeringkatan berjumlah 3244.

    Indikator yang digunakan oleh tim independen dalam melakukan pemeringkatan yakni mulai dari kualitas dosen sebanyak 12 persen dengan menghitung jumlah dosen berpendidikan doctor, lector kepala dan guru serta kecukupan dosen tetap sebanyak 18%.

    Sedangkan untuk indikator lainnya yakni akreditasi sebanyak 30 persen, baik institusi maupun jumlah program studi terakreditasi A maupun B.

    Indikator lainnya yakni kualitas atau presentasi kegiatan mahasiswa 10 persen dan kualitas kegiatan penelitian 30 persen dengan menghitung capaian kinerja penelitian sesuai kriteria yang ditentukan serta jumlah dokumen yang terindeks scopus.

    Pendaftaran SBMPTN sendiri telah resmi dibuka mulai hari ini, Selasa 11 April 2017 pukul 08.00 WIB. Seleksi bersama tersebut dapat diikuti oleh siswa kelas XII maupun alumni SMA/sederajat yang memilih jalur seleksi bersama ini untuk mempelajari tata cara pendaftaran SBMPTN secara lengkap di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

    Pendaftaran mengikuti jalur tulis SBMPTN akan ditutup pada 25 April pukul 23.59 WIB. Seleksi bersama dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2015,2016, dan 2017 dari pendidikan menengah (SMA,SMK/MA) sederajat, termasuk paket C.

    Baca Juga Berbagai Hal yang Musti Kamu Persiapkan Untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Mulai dari SNMPTN Sampai SBMPTN!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here