Berita Terkini: Gencarnya Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Ke Palangkaraya, Layak?

0
578
Jembatan Ikon Palangkaraya
Copyright©palangkaraya

Berita Terkini: Gencarnya Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Ke Palangkaraya, Layak?

Indowarta.com – Wacana Ibukota Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah semakin gencar. Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mulai mengkaji usulan Presiden Jokowi terkait wacana tersebut.

Menurut Arifin Rudiyanto selaku Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, rencana pemindahan ibukota negara perlu kajian mendalam. Dia menyebut harus ada lokasi yang tepat dan sesuai dengan kriteria.

Arifin menambahkan Indonesia sebagai negara merdeka harus mencari identitas sesuai kriteria. Ibukota negara hars aman, mudah di akses dan lingkungannya bagus.

Lebih lanjut Arifin menjelaskan urgensi pemindahan ibukota dari Jakarta ke tempat lain. Menurutnya kondisi tata kota yang terlalu sempit menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu urbanisasi atau perpindahan penduduk dari ke kota sangat tinggi sehingga membuat keadaan semakin padat.

WAJIB BACA :  Jusuf Kalla Ungkap 2 Sandungan Jika Pemindahan Ibu Kota Akan Tetap Dilakukan!

Prediksi Arifin, di masa depan Jakarta berpotensi memiliki masalah lingkungan, transportasi, hidrolagi dan keamanan. Itulah sebabnya pusat pemerintahan akan dipindahkan ke wilayah yang memenuhi syarat.

Meski demikian Jakarta tetap akan dipertahankan untuk pusat pertumbuhan ekonomi. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sebelumnya telah mengusulkan Palangkaraya untuk ibukota negara Indonesia.

Monas Jakarta
Copyright©Istimewa

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Bambang Brodjonegoro sebelumnya juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi serius ingin memindahkan ibukota negara ke Palangkaraya. Buktinya adalah Jokowi sudah meminta Menteri PPN/Bappenas melakukan kajian-kajian teknis.

Arifin menyebut pemerintah akan membentuk tim khusus. Timsus nanti yang akan mengkaji teknis kajian dan pelaksanaan. Tim tersebut juga akan belajar dari pengalaman negara lain yang pernah melakukan pemindahan ibu kota.

WAJIB BACA :  Jusuf Kalla Ungkap 2 Sandungan Jika Pemindahan Ibu Kota Akan Tetap Dilakukan!

Tim khusus tersebut yang akan mempelajari variabel untuk memindahkan kota. Berbagai variabel nantinya akan diterapkan pada kota yang cocok untuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

Sekedar informasi sejumlah negara sudah pernah melakukan perpindahan ibukota negara. Seperti Australia yang memindahkan ibu kota ke Canberra, Kazakhstan ke Astana, Amerika ke Washington DC dan negara India memindahkan ibu kota ke New Delhi.

Apakah usulan Presiden Jokowi untuk menjadikan Palangkaraya sebagaiibukota Indonesia akan terwujud? kita tunggu saja informasi selanjutnya.

Baca Juga:  Berita Terkini: Presiden Jokowi Putuskan Saldi Isra Jadi Hakim Mahkamah Konstitusi Gantikan Patrialis Akbar!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY