Berita Terkini: Presiden Jokowi Sudah Rencanakan Perpindahan Ibu Kota Ke Luar Jawa, Palangkaraya?

0
1063
Palangkaraya
Copyright©getborneo

Berita Terkini: Presiden Jokowi Sudah Rencanakan Perpindahan Ibu Kota Ke Luar Jawa, Palangkaraya?

Indowarta.com– Presdien Jokowi ini telah kembali mewacanakan pemindahan Ibu Kota Jakarta ke daerah yang telah dianggap akan lebih layak untuk dijadikan ibu Kota. Adapun alasan dari pemindahan Ibu Kota tersebut agar letak pusat pemerintahan menjadi lebih strategis lagi.

Terkait dengan wacana tersebut, Presiden pun lantas telah memberikan instruksi kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional ataupun Bappenas untuk melakukan kajian terkait beberapa daerah mana saja yang dikira layak untuk dijadikan ibu kota.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Arifin Rudiyanto di Jakarta pada Senin 10 April 2017 ini telah mengatakan “Ini Bapak Presiden menginstruksikan Bappenas, ya Bappenas harus melaksanakan”.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Jokowi Resmikan Pembangunan Rusunami Bagi Buruh dengan Dp 1 Persen!
Palangkaraya
Copyright©ruanghati

Untuk merealisasikan apa yang telahl diinginkan oleh Presiden Jokowi ini, Bappenas ini telah membentuk tim yang nantinya akan melakukan kajian kelayakan daerah-daerah yang akan memilliki potensi bisa menjadi ibu Kota.

Arifin mengatakan “Ini baru mau dibentuk semacam teknis pengkajiannya seperti apa. Kalau daerahnya di mana saja kami belum tahu, yang pasti kami mengkaji syarat-syarat untuk menjadi Ibu Kota itu apa saja sih, secara lingkungan, geografi, sosial politik seperti apa”.

Kajian yang akan dilakukan oleh tim bentukan dari Bappenas ini pun bisa dikatakan oleh Arifin akan mencontoh beberapa negara yang sebelumnya telah melakukan pemindahan ibu kota Negaranya.

Arifin mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya masih harus melihat pengalaman dari negara lainnya seperti Brazil yang telah membangun ibu kota baru yang bernama Brazilia, lalu Kazakhstan Ibu Kota baru yang bernama Astana.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Jokowi Yakin Buruh Bisa Beli Rusunami dengan DP 1 Persen!

Bappenas masih akan terus mempelajari bagaimana mereka ini telah memindahkan ibu kota, lalu apa saja yang menjadi variabel, diantara variabel-variabel mana yang paling cocok untuk diterapkan di Indonesia.

Arifin sendiri masih belum bisa memastikan terkait dengan wacana pemindahan ibu Kota Jakarta ke Palangkaraya tersebut. Hal ini karena sebelum memindahkan ibu kota Jakarta ke Palangkaraya ini harus terlebih dahulu dilakukan kajian secara teknis.

baca juga :

Berita Terkini: Gencarnya Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Ke Palangkaraya, Layak?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY