Berita Terkini: Yusniar, Ibu yang Dilaporkan Oleh DPRD Lantaran Status di FB Akhirnya divonis Bebas!

0
693
Yusniar
Copyright©Rappler

Yusniar, Ibu yang Dilaporkan Oleh DPRD Lantaran Status di FB Akhirnya divonis Bebas!

Indowarta.comYusniar, 27 tahun, ibu rumah tangga yang menjadi teradakwa penghinaan dan pencemaran nama baik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jeneponton Sudirman Sijaya akhirnya divonis bebas oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Makassar pada Selasa (11/4).

Vonis bebas tersebut dibacakan oleh Hakim Ketua Kasianus yang menyatakan wanita 27 tahun tersebut bebas karena tidak terbukti bersalah. Karena Pasal 310 KUHP dan 311 KUHP tidak terpenuhi. Begitu pula Pasal 45 ayat 1 jo Pasal 27 ayat 3 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik tidak terpenuhi.

WAJIB BACA :  Begini Cara Mengaktifkan Safety Check di FB Usai Bom Kampung Melayu!

Yusniar telah menjalani sidang sejak bulan Mei tahun 2016 lalu. Kasianus, pencemaran nama baik tersebut terjadi saat dalam status tersebut menyerang kehormatan maupun menyebutkan secara spesifikasi nama yang bersangkutan.

Yusniar
Copyright©Rakyatku

Kini hak-hak terdakwa harus dipulihkan kembali, begitu juga dengan nama baiknua yang semuanya dibebankan kepada negara. Menanggapi keputusan yang dilontarkan oleh hakim, Yusniar bersyukur dan berterima kasih.

“Saya merasa sangat terima kasih dan bersyukur kepada semua orang yang bantu saya,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa sejak awal dirinya tidak pernah berniat untuk mencemarkan nama baik seseorang. Akan tetapi ia dituding telah melakukan pencemaran nama baik seseorang melalui status di jejaring sosial FB. Ia mengaku saat itu hanya curhat dan tidak berniat mencemarkan nama baik seseorang.

WAJIB BACA :  Begini Cara Mengaktifkan Safety Check di FB Usai Bom Kampung Melayu!

Abdul Aziz Dumpa selaku kuasa hukum Yusniar mengatakan bahwa keputusan hgakim tersebut sudah sangat tepat. Pasalnya dengan vonis bebas yang diberikan kepada kliennya itu telah membuktikan jika status Facebook kliennya itu bukan menghina atau mencemarkan nama baik seseorang.

“Sidang vonis bebas ini sudah sangat tepat. Kalau memang pencemaran nama baik kan harus jelas ditujukan kepada seseorang,” ujar Abdul Aziz.

Sehingga ini dianggap telah ssesuai dengan prosedur yang berlaku. Ia menganggap bahwa dengan kasus ini maka harus dirujuk dalam oenangan UU ITE. Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum Neng Marlinawati enggan untuk berkomentar dan memilih langsung meninggalokan ruangan sidang malalui puntu belakang.

WAJIB BACA :  Begini Cara Mengaktifkan Safety Check di FB Usai Bom Kampung Melayu!

Namun ia meminta kepada hakim agar diberikan waktu untuk menanggapi keputusan Yusniar yang telah sivonis bebas terebut.

Baca Juga Berita Terkini: Nasib Yusniar ‘IRT’ yang Bikin Status di FB Akan Ditentukan Pekan Depan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY