Berita Terkini: Adu Program dan Gagasan dalam Debat Pilkada DKI Malam Nanti!

0
568
Ahok
Copyright©viva

Adu Program dan Gagasan dalam Debat Pilkada DKI Malam Nanti!

Indowarta.comDebat Pilkada DKI Jakarta 2017 terakhir akan digelar, Rabu (12/4) malam. Dalam debat nanti malam kedua pasangan calon yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan saling adu program dan gagasan untum merebut suara warga DKI.

Debat Pilkada nanti malam bakal digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan yang akan dilaksanakan sekitar pukul 19.30 WIB. Debat kedua paslon tersebut nantinya bakal dipandu oleh presenter Ira Koesno.

Jadi bagi parapenggemar Ira Koesno pada debat pertama, kini dapat kembali melihat kepiawaiannya dalam memandu debat. Ia didapun untuk memandu debat nanti malam.

Tema yang akan diusung dalam debat terakhir Pilgub DKI yakni ‘Dari Masyarakat Jakarta untuk Jakarta’ yang nantinya bakal menguraikan isu dari kesenjangan dan keadilan sosial, penegakan hukum serta bonus demografi.

Rumah 350 Juta
Copyrigth©tstatic

Sedangkan sub tema dari debat tersebut yakni terkait dengan masalah transportasi, reklamasi, tempat tinggal, pelayanan publik yang meliputi pendidikan dan kesehatan, serta UMKM atau dunia usaha.

Berbeda dari debat pada putaran pertama lalu, dalam debat pilkada putaran kedua ini jumlah panelis akan lebih banyak. Pasalnya diketahui KPU DKI menunjuk 7 orang panelis yang akan menyiapkan pertanyaan.

Tak hanya jumlah panelis yang lebih banyak, namun kali ini masyarakat dan komunitas juga dapat berpartisipasi langsung memberikan pertanyaan kepada kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI tersebut.

Hal itu dituturkan oleh Komisioner KPU DKI Dahliah Umar, Rabu (5/4). Pihaknya menyatakan bahwa akan ada metode baru dalam segmen masyarakat bertanya kepada kedua paslon. Dimana nantinya ada segmen yang diisi dengan pertanyaan yang bukan dari panelis melainkan dari masyarakat.

Pertanyaan itu berasal langsung dari masyarakat, namun akan dikemas oleh KPU agar lebih terstuktur. Pertanyaan tersebut sebenarnya dari masyarakat yang kemudian diformulasikan oleh pihak KPU, namun itu memang benar-benar dari masyarakat, dari aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada cagub-cawagub.

Selain itu KPU DKI juga akan mengarahkan masyarakat yang bertanya kepada hal yang bersifat teknis seperti pembatasan waktu saat bertanya. Pertanyaan juga harus terstuktur. Meski masyarakat yang bertanya, namun KPU akan tetap membantu agar pertanyaan tersebut lebih terfokus.

Melalui debat Pilkada terakhir ini, baik Ahok-Djarot maupun Anies-Sandi akan mempertegas visi, misi serta program mereka nanti jika terpilih sebekum pemungutan suara pada 19 April 2017 mendatang.

Baca Juga Berita Terkini: Debat Pilkada DKI Putaran Kedua Akan digelar 12 April!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here