Berita Terkini: DPR Protes Pencekalan Setya Novanto, Begini Komentar KPK!

0
924
Bakamla
Copyright©deliknews

DPR Protes Pencekalan Setya Novanto, Begini Komentar KPK!

Indowarta.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi rencana Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang melayangkan surat keberatan kepada Presiden Joko Widodo terkait dengan pencekalan Ketua DPR Setya Novanto ke luar negeri.

Keberatan tersebut diajukan lantaran sebagai ketua, Setya Novanto memiliki fungsi diplomatis yang tidak dapat diwakilkan. Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan bahkan pencekalan Novanto diperlukan agar setiap penyidik membutuhkan keterangannya, Novanto sedang tidak di luar negeri.

Febri juga meminta agar proses ini tidak dicamampur adukkan dengan urusan politik. “Pencegahan harus dipisahkan dengan politik,” ujar Febri, Selasa (11/4) malam. ia juga mengatakan lembaganya tidak dapat terus menyesuaikan jadwal politik para pejabat. Karena selalu menunggu, dan dapat menghambat penyidikan.

Setya Novanto
Copyright©merdeka

Pengalaman pemeriksaan di KPK seringkali saksi tengah berada di luar negeri saat dijadwalkan pemeriksaan, akibatnya pemeriksaan harus diundur. Bahkan beberapa saksi juga tidak sempat diperiksa hingga berkas dilimpahkan ke pengadilan.

Ketua DPR tersebut dicekal selama enam bulan terkait dengan kasus E KTP. Febri mengatakan bahw keterangan Novanto sangat penting bagi proses penyidikan tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Andi Narogong ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 23 Maret lalu. sebelumnya KPK telah menetapkan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman serta Pejabat Pembuat Komitmen Proyek E KTP Sugiharto, sebagai tersangka.

Ketua DPR  tersebut menyatakan dirinya menghormati proses hukum yang ada terkait pencekalan dirinya untuk pergi ke luar negeri. Ia juga mengisyaratkan siap jika diperiksa. “Dan saya siap mengikuti proses yang dilakukan KPK dengan tetap pada asas hukum praduga tak bersalah”, ujar Setya Novanto.

Pencegahan ke luar negeri terhadap Setya Novanto tersebut juga dibenarkan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie pada Senin (10/4).

“Sudah sejak kemarin malam Dirjen Imigrasi menerima surat permintaan pencegahan untuk tidak bepergian ke luar negeri atas nama Bapak Setya Novanto dan langsung dimasukkan ke dalam Sistem Informasi dan Manajemen Keimigrasian untuk berlaku selama enam bulan,” jelasnya.

Namun Ronny tidak menjelaskan, apakah permintaan cegah itu juga memuat status Setya sebagai tersangka atau masih menjadi saksi dalam penyidikan kasus di KPK.

Baca Juga Berita Terkini: Setya Novanto Dicegah Ke Luar Negeri Lantaran Kesandung Kasus E KTP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here