Berita Terkini: Perdebatan Panas Ahok dan Anies Soal Program Rumah Untuk Warga!

0
1043
debat pilkada DKI
Copyright©Rappler

Perdebatan Panas Ahok dan Anies Soal Program Rumah Untuk Warga!

Indowarta.comDebat final pilkada DKI telah usai digelar pada malam tadi, Rabu (12/4) di Hotel Bidakara, Jakarta. Seperti biasa, suasana memanas saat cagub Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bertanya mengenai program rumah untuk warga DKI kepada cagub Anies Baswedan.

Tuduhan jawaban ‘hanya retorika’ pun mencuat. Sesi dimulai dengan Ahok yang diberikan kesempatan bertanya kepada Anies. Ia kemudian mempertanyakan soal DP 0 persen yang digagas oleh paslon nomor pemilihan tiga.

Gubernur DKI Jakarta non-aktif tersebut mengaku bingung. Ia bertanya apakah program tersebut berlaku untuk rumah susun atau lapak. Serta apakah rumah itu nantinya untuk warga dengan gaji dibawah Rp 3 juta atau Rp 7 juta.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ahok Tanda Tangani Surat Pengunduran Diri Jadi Gubernur DKI!

Selain itu, Ahok dalam kesempatan tersebut juga sempat memaparkan soal program subsidi cicilan miliknya. Program itu dikatakan merupakan kerja sama antara pemerintah dengan warga yang menyediakan tanah. Selanjutnya pemerintahlah yang akan menyediakan rumah susun.

debat pilkada DKI
Copyright©Jakarta Raya

Kemudian kesempatan untuk Anies menjawab. Sebelum ia memberikan penjelasan soal pertanyaan yang diajukan oleh cagub nomor pemilihan dua, ia menyatakan bahwa pemahaman cagub nomor pemilihan dua mengenai program rumah miliknya itu salah.

Anies menjelaskan bahwa program yang diusungnya itu bukan tentang pembangunannya, melainkan tentang instrument pembiayaan. Pembangunan nantinya dapat dilakukan oleh pemerintah maupun swasta, dan pihaknya yang akan menyiapkan pembangunannya.

Setelah itu, giliran Anies yang mengomentari program yang diusung oleh pria berusia 50 tahun itu. Menurutnya, jika nantinya pemerintah yang membangun rumah, itu tidak sesuai dengan selera dan keinginan dari warga.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ahok Kembalikan Sisa Uang Operasional Senilai Rp 1.2 Miliar!

Mantan Bupati Belitung Tmur tersebut menimpali jawaban dari cagun nomorpemilihan tiga. menurutnya jawaban yang diberikan Anies Baswedan tersebut tidak nyambung.

“Ini tidak menjawab sebenarnya. Kenapa kami mendorong kayak yang di Krukut untuk ke rusun, karena rumah tinggal itu berdasarkan penelitian minimal luasnya 36 meter persegi. Tidak mungkin masyarakat seperti itu bisa memiliki rumah kalau bukan kami yang membangunkan, jelas pasangan duet Djarot Saiful Hidayat tersebut.

Namun menurut Anies, di Jakarta saat ini 41 persen warga tidak memiliki rumah sendiri. Dan solusi dari persoalan tersebut telah ia kantongi. Menurutnya ini tentangkeberpihakan pada warga yang tidak memiliki rumah sendiri. Secara teknis nanti solusinya akan berkembang.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ahok Tanda Tangani Surat Pengunduran Diri Jadi Gubernur DKI!

Kemudian Ahok langsung menjawab ‘sindiran’ dari Anies soal keperpihakannya. Menurutnya jawaban dari lawannya tersebut terlalu retoris.

Baca Juga Berita Terkini: Harapan yang Terselip dalam Diri Sandiaga Uno Sebelum Debat Pilkada DKI Malam Nanti!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY