Berita Terkini: Adu Program Soal Hunian di Debat Pilkada DKI, Begini Komentar Pakar!

0
782
debat pilkada DKI
Copyright©Rappler

Berita Terkini: Adu Program Soal Hunian di Debat Pilkada DKI, Begini Komentar Pakar!

Indowarta.com – Debat Pilkada DKI terakhir sudah digelar Rabu malam 12 April 2017. Dua calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Anies Baswedan sempat adu program mengenai hunian di Jakarta.

CEO Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda mempunyai penilaian untuk program setiap cagub dan pasangan. Ali mengomentari dengan detail program kedua paslon.

Pasangan Anies-Sandi di debat Pilkada DKI menjanjikan program hunian DP 0 persen. Menurut Ali, program hunias pasangan Anies-Sandi akan memunculkan masalah baru.

Untuk menangani hunian di Jakarta, Ali menilai program paslon petahana Ahok-Djarot lebih masuk akal. Menurutnya program Ahok dengan menyewa ke Pemda sudah jelas payung hukumnya. Tapi dari program Anies-Sandi penyediaannya dimana belum diketahui.

Ali menuturkan di kota-kota besar saan ini yang diperhitungkan bukan daya beli melainkan daya sewa. Tapi jika dikembangkan dengan mekanisme bisa dimiliki. Dia menyebut ada proses untuk ke arah sana jika memang ingin dibuat mekanisme.

Ali Tranghanda menyatakan program beli rumah DP 0 persen bukanlah hal baru. Program tersebut bukan semata-mata tidak mengeluarkan uang tapi konsepnya tabungan. Ali sendiri mengaku justru menghindari program seperti itu karena berat.

debat pilkada DKI
Copyright©Ist

Jika pemerintah menerapkan DP 0 persen, menurut Ali akan memberatkan. Beban tidak hanya berdampak pada pemerintah daerah tapi juga skala nasional, pasalnya sistemnya adalah menalangi. Jikalau program tersebut disetujui maka pemerintah akan terbentur masalah penyediaan lahan.

Lebih lanjut Ali berbicara mengenai fakta bahwa penduduk Jakarta saat pagi lebih banyak. Para pekerja yang memiliki rumah jauh hanya mampu membeli rumah di pinggir Jakarta. Menurutnya pekerja yang memiliki penghasilan cukup bisa memiliki rumah di Jakarta. Solusinya yakni rumah susuk dengan bantuan Pemda atau dana CSR.

Bicara mengenai hunian di Jakarta, Anies-Sandi tetap tidak ingin menggusur. Menurut Ali penggusuran pasti dan relokasi adalah solusi untuk hunian di Jakarta. Meski demikian Ali mengingatkan supaya disiapkan program UMKM agar warga bisa sejahtera.

Baca Juga:  Berita Terkini: Hasil Polling Litbang Kompas Menangkan Pasangan Ahok Djarot Usai debat Pilkada DKI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY