Berita Terkini: Miryam S Haryani Dipanggil Sebagai Tersangka Kesaksian Palsu Kasus E-KTP!

0
965
Miryam S Haryani
Copyrigth©kompas

Berita Terkini: Miryam S Haryani Dipanggil Sebagai Tersangka Kesaksian Palsu Kasus E-KTP!

Indowarta.com Miryam S Haryani telah ditetapkan sebagai tersangka kesaksian palsu kasus e-KTP pada Rabu 5 April 2017. Pemanggilan perdana mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Hanura ini sudah dilakukan oleh KPK.

Lembaga anti rasuah sudah menjadwalkan pemeriksaan Miryam pada hari ini Kamis 13 April 2017. Miryam diperiksa sebagai tersangka dalam kasus memberikan keterangan palsu.

Miryam S Haryani diketahui dihadirkan dua kali dalam sidang kasus e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto. Saat diperiksa penyidik KPK di sidang pertama, Miryam membantah semua keterangan yang tercantum di Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Bahkan Miryam mencabut semua BAP miliknya saat menjadi di sidang saksi e-KTP. BAP yang dicabut terutama adalah pernyataan mengenai aliran dana panas proyek e-KTP kepada sejumlah anggota DPR.

Saat diperiksa, wanita yang juga akrab dipanggil Yani ini merasa mendapatkan tekanan dari penyidik. Pada pemeriksaan kedua, Yani tetap bersikeras bahwa saat diperiksa dia mendapat tekanan dan ancaman.

Disaat yang bersamaan, pernyataan Miryam S Haryani disesuaikan dengan tiga penyidik KPK yakni Novel Baswedan, Ambarita Damanik dan Muhammad Irwan. Karena kesaksian yang berbelit-belit itulah Yani dianggap tidak konsisren.

Dijadwalkan menjalani pemeriksaan hari ini sebagai tersangka kesaksikan palsu kasus e-KTP, Miryam S Haryani belum terlihat di gedung KPK hingga Kamis siang.

Sidang Kasus E KTP
Copyrigth©ist

Dalam kasus Miryam S Haryani, penyidik KPK sudah memeriksa sejumlah saksi termasuk pengacara Elza Syarief. Saat diperiksa Elza mengaku pernah bertemu Yakni tiga kali.

Saat pertemuan tersebut, Elza menyebut Miryam membahas mengenai kasus dugaan korupsi e-KTP yang mencatut namanya.  Menurut Ekza, Miryam bercerita mendapatkan ancaman dari teman-temannya yang ditetapkan sebagai terdakwa.

Ditetapkan sebagai tersangka, Miryam S Haryani dijerat dengan Pasal 22 jo Pasal 35 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang sudah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan TindakPidana Korupsi.

Baca Juga:  Berita Terkini: Setya Novanto Dicegah Ke Luar Negeri Lantaran Kesandung Kasus E KTP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here