Berita Terkini: Terjadi Tanah Longsor di Kawasan Cipaku Bandung, Akses Jalan Terputus!

0
740
Copyright©Kompas

Terjadi Tanah Longsor di Kawasan Cipaku Bandung, Akses Jalan Terputus!

Indowarta.com – Curah hujan yang tinggi belakangan ini rupanya menjadi salah satu penyebab terjadinya tanah longsor. Diantaranya longsor yang menerjang kawasan Cipaku RT 03 RW 02 Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung pada kamis (13/4) sekitar pukul 04.15 WIB.

Material longsor Bandung tersebut membuat akses jalan yang menghubungkan dua wilayah yakni RT 03 dan RT 04 terputus. Menurut keterangan dari salah seorang warga, longsor tersebut terjadi sebelum adzan Subuh.

Warga bernama Dedi tersebut mengatakan dirinya sempat mendengar suara gemuruh dan merasakan tanah yang bergetar. Kemudian ia langsung keluar dari rumahnya dan melihat bahwa ternyata terjadi longsor.

Dedi menduga longsoran tersebut terjadi lantaran rembesan air selokan yang berada tepat dilokasi longsor Bandung tersebut. Apalagi melihat kontur tanah di wilayah tersebut yang masuk ke dalam Kawasan Bandung Utara itu tidak stabil.

longsor bandung
Copyright©Kompas

Longsor bandung ini merupakan kali kedua terjadi. Berdasarkan laporan, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Pasalnya saat terjadi tanah longsor tersebut belum ada aktivitas dari warga. Namun satu bangunan semi permanen yang berada di samping jalan tol dilaporkan roboh.

Selain itu jalur selokan yang bermuara di kawasan Ledeng juga terputus dan mengakibatkan air langsung terjun ke pemukiman warga.

Yasa Hanifah selaku Camat Cidadap juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya akan membuat jalur khusu agar air dari selokan dapat mengalir ke sungai yang berada di bawah lokasi longsoran.

Yasa mengatakan pihaknya akan memasang paralon untuk dapat mengalirkan air ke sungai yang ada di bawah dan menyambungkian selokan yang terputus tersebut. pasalnya jika ar tersebut dibiarkan, dikhawatirkan bakal menimbulkan longsor Bandung susulan.

Apalagi jika nantinya hujan mengguyur wilayah Bandung bagian utara, hal itu bakal membuat kontur tanah semakin tidak stabil. Selain itu pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait guna menyiagakan petugas keamanan.

Apalagi lima rumah dilaporkan tepat berada disamping longsoran. Saat ini jalan penghubung sepanjang 50 meter dengan lebar 1,5 meter tidak dapat dilalui. Warga terpaksa harus memutar jika akan menuju jalan protokol.

Baca Juga Berita Terkini: Inilah Pemicu Longsor Susulan di Ponorogo Menurut Tim Tanggap Darurat PVMBG!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY