Berita Terkini: Ditolak Massa, Pembentukan FPI Semarang Digagalkan Oleh Polisi!

0
681
FPI
Copyright©detik

Ditolak Massa, Pembentukan FPI Semarang Digagalkan Oleh Polisi!

Indowarta.com – Rencana pengukuhan cabang Front Pembela Islam (FPI) di Kota Semarang harus gagal lantaran mendapatkan penolakan dari massa. Menurut Kapolretabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji, merasa bahwa tanpa ormas islam trsebut Kota Semarang dirasa sudah aman.

Rencananya pengukuhan di Kota Semarang tersebut akan dilakukan di rumah Ketua Advokasi FPI Jawa Tengah, Zaenal Petir, di Jalan Pergiwati I no. 19, Bulu Lor, Semarang Utara, pada Kamis (13/4) malam. Bahkan sejumlah anggota ormas juga telah berdatangan di lokasi, sekitar 400 polisi juga melakukan pengamanan.

Namun lantaran terjadi ketegangan, audiensi dilakukan dengan mendatangkan perwakilan ormas yang menolak FPI guna bertemu pihak ormas Islam tersebut yang diwakili oleh beberapa anggota diantaranya ketua tim Advokasi FPI Zaenal Petir, ketua DPD FPI Jateng Rofiudin, ketua FPI Temanggung Sihabudin.

Pertemuan tersebut diawali dialog, penolakan keberadaan ormas Islam  tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Laskar Merah Putih, Iwan Cahyono. Selain itu ia juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap pribadi Zaenal yang saat inimerupakan salah satu komisioner Komisi Informasi Publik justru menjadi salah satu bagian dari ormas dan berharap pengukuhan tersebut segera dibubarkan.

FPI
Copyright©detik

Pihak FPI kemudian menyampaikan pembelaan dengan menjelaskan berbagai hal yang menyatakan ormas Islam tersebut bukan anti-Pancasila dan sebagainya. Suasana dialog tersebut bahkan sempat memanas meski ada Kapolrestabes Semarang diantara mereka.

Hingga akhirnya Kombes Pol Abiyoso angkat bicara, ia mengatakan bahwa forum tersebut berkaca pada kasus 2012 silam dimana Rizieq Shihab ditolak oleh Tokoh Dayak di Palangkaraya. Mengingat banyak massa yang menolak keberadaan FPI di Semarang, maka ia meminta pengukuhan jangan dipaksakan. Menurutnya Semarang saat ini sudah aman.

Namun ketegangan kembali terjadi dalam dialog tersebut. Guna menjaga kondusifitas, maka Abiyoso menegaskan tidak akan segan-segan mengamankan pihak yang dianggap memicu kerusuhan. Usai melewati perdebatan panjang, akhirnya acara tersebut dibubarkan.

Para pemimpin serta anggota FPI kemudian dimasukkan ke mobil barakuda guna dibawa ke lokasi yang aman dan pulang ke rumah masing-masing. Sementara itu, Zaenal Petir mengatakan demi keamanan, pihaknya menaati hukum.

Menurutnya pengusulan FPI di Kota Semarang sudah dilakukan dan akan dikirim ke Jakarta lengkap dengan nama pejabatnya. Namun demi keamanan mereka rela membubarkan acara tersebut. Acara hari itu pun akhirnya bubar.

Ormas-ormas lain yang menolak keberadaan Front Pembela Islam berteriak menyetejui penolakan FPI di Kota Semarang. Zaenal sendiri belum menegaskan langkah apalagi yang akan dilakukan nanti kedepannya.

Baca Juga Berita Terkini: FPI Bantah Aksi 411 dan 212 Menggunakan Hasil Penggelapan Dana !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here