Berita Terkini: Jembatan Cipamingkis Bogor Patah, Tak Bisa Digunakan Melintas!

0
728
Jembatan Cipamingkis
Copyright©Polres Bogor

Jembatan Cipamingkis Bogor Patah, Tak Bisa Digunakan Melintas!

Indowarta.comJembatan Cipamingkis yang berada di Jonggol, Bogor, Jawa Barat dikabarkan patah pada Jumat, 13 Aril 2017 malam. Diduga patahnya jembatan tersebut lantaran derasnya arus sungai. Derasnya arus sungai tersebut kemudian mengikis satu tiang penyangga jembatan.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pstika mengatakan, “Diperkirakan akibat dari arus air sungai yang cukup deras mengikis salah satu tiang penyangga jembatan bagian tengah, sehingga menimbulkan pergeseran pada tiang atau penyangga.”

Sehingga dengan bergsernya tiang penyangga jembatan tersebut akhirnya mengakibatkan Jembatan Cipamingkis pada bagian sambungan atau bagian tengah.

Jembatan Cipamingkis
Copyright©Polres Bogor

Jembatan Cipamingkis sendiri berlokasi di Jalan Raya Jonggol – Cariu, Kampung Jagaita RT03/RW02, Jonggol, Kabupaten Bogor. Jembatan tersebut merupakan akses vital yang menghubungkan poros tengah dan timur. Akibatnya, jembatan tersebut kini tidak dapat digunakan kembali.

Peristiwa terputusnya jembatan tersebut diketahui sekitar pukul 23.00 WIB. Dicky memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. hanya saja akses jalan Jonggol menuju Cariu maupun sebaliknya, sementara ini ditutup.

Karena jembatan tersebut ditutup, pihak kepolisian telah menyiapkan jalur alternatif. Jalur tersebut dialihkan ke Cibarusah hingga Loji, Karawang. Mengingat penyangga jembatan sudah terkikis dan membuat jembatan menggantung sehingga berbahaya jika dilalui kendaraan termasuk pejalan kaki.

Jembatan Cipamingkis
Copyright©Polres Bogor

Untuk sementara kendaraan yang akan menuju Cariu dialihkan melalui Cibarusah. Dari Cileungsi dialihkan ke Cikarang dan dari arah Cariu dialihkan ke Loji Karawang.

Sedangkan untuk jalur alternatif ke Cipanas Taman Bunga, masuk dari Pasar Citeureup – Leuwi – Bilik – Sukamakmur – Sukawangi – Taman Bunga Cipanas. Untuk menempuhnya membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam sampaike Cipanas.

Diduga penyebab arus deras yang menyebabkan salah satu tiang penyangga jembatan bagian tengah terkikis karena curah hujan tinggi yangmengguyur wilayah Jonggol dan sekitarnya. Jembatan tersebut juga terlihat mengalami keretakan.

Warga dlarang melintas radius lima meter dar jembatan. Menurut Kapolsek Jonggol Kompol Agus Supriyanto, Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi sudah datang ke lokasi. Namun untuk perbaikan jembatan sendiri diperkirakan akan membutuhkan waktu cukup lama.

Sehingga diharapkan pihak Dinas Bina Marga Provinsi jawa barat segera turun tangan untuk menangani jembatan yang vital tersebut.

Baca Juga  Berita Terkini: Imbas Jalur Jembatan Cisomang Dialihkan, Angka Kecelakaan di Jalur Bandung-Purwakarta Naik Signifikan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here