Berita Terkini: Pasukan Brimob diterjunkan Guna Amankan Ibadah Paskah di Gereja Katedral!

0
290
pengamanan Paskah
Copyright©Merdeka

Pasukan Brimob diterjunkan Guna Amankan Ibadah Paskah di Gereja Katedral!

Indowarta.com – Ribuan jemaat diperkirakan akan memadati Gereja katedral, Jakarta Pusat, selama rangkaian perayaan Paskah yang dimulai pada Kamis (13/4) hingga Minggu (16/4).

Ratusan personel dikerahkan untuk mengamankan Paskah 2017 di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Hal itu dituturkan oleh Kapolsek Sawah Besar Kompol Ridwan Soplanit. Pengaman itu dilakukan guna memberikan rasa aman kepada umat Kristiani yang tengah menjalankan ibadahnya.

Personel tersebut telah dikerahkan sejak kamis, 13 April 2017 kemarin. Sekitar 300 personel ditugaskan untuk mengamankan ibadah Paskah hari ini (14/4). Merekan merupakan gabungan dari Polres Jakarta Pusat, polsek Sawah Besar, Gegana, Satpol PP, dan anggota Brimob.

pengamanan Paskah
Copyright©Merdeka

Ridwan kemudian menjelaskan soal pola pengamanan sendiri yang terbagi menjadi dua ring. Untuk ring satu meliputi bagia dalam Gereja katedral. Sedangkan untuk ring dua meliputi jalan-jalan sekitar Gereja Katedral.

Dikatakan , untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di sekitar area ibadah, disiapkan 100 personel untuk mengatur kanan dan kiri jalan. Macet tersebut bergelombang karena ada tiga kali misa pada hari ini, kemungkinan kemacetan akan terjadi usai tiga misa.

Pihaknya akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin agar para Jemaah yang beribah tersebut tenang. Tim Gegana dari Polda Metro Jaya pada Kamis sore telah dikerahkan untuk menetralisir gereja tersebut. Sterilisasi sendiri dilakukan sebelum dilakukannya ibadah Misa di geeja katedral.

Proses sterilisasi berjalan lancar tanpa gangguan. Jumlah personel gabungan dari unsur TNI dan Polri yang berjaga bisa saja bertambah. Hal itu bergantung pada situasi dan kondisi. Tak hanya Katedral saja yang dijaga, namun seluruh gereja di kawasan Jakarta Pusat juga akan mendapatkan pengamanan dari aparat.

Pos pantau juga kembali didirikan di depan Gereja-gereja juga Katedral untuk mengamankan jalannya Misa. Menurut pantauan, jemaat mengikuti proses ibadah Jalan Salib dengan khusyuk. Mereka datang berbondong-bondong bersama keluarga dan kerabatnya.

Paskah tahun 2017 ini, panitia Gereja Katedral mengusung tema ‘Amalkan Pancasila: Makin Adil, Makin Beradab’. Tema tersebut dipilih untuk mengingatkan kepada jemaat betapa pentingnya nilai Pancasila bagi warga Indonesia.

Baca Juga Berita Terkini: Libur Paskah dan Long Weekend, Ruas Tol Keluar Jakarta Padat Merayap!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY