Berita Terkini: Berapa Sih Lamanya Masa Jabatan Pimpinan DPD?

0
360
Jabatan Pimpinan DPD
Copyright┬ękompas

Berita Terkini: Berapa Sih Lamanya Masa Jabatan Pimpinan DPD?

Indowarta.com- Dewan Perwakilan Daerah Republilk Indonesia atau DPD RI ini telah kembali mengalami kegaduhan. Pada pertangahan tahun lalu tepatnya pada bulan Maret 2016 kegaduhan juga telah terjadi di kubu DPD RI karna Irman Gusman yang merupakan pimpinan DPD ini telah menollak untuk menandatangani Revisi Tata Tertib DPD RI perihal masa jabatan pimpinan DPD yang semulanya hanya 5 tahun ini direvisi menjadi 2,5 tahun yang telah diajukan oleh badan kehormatan DPD.

Pada saat itu Irman Gusman juga telah menolak untuk menandatangani dan juga telah menutup secara sepihak sidang. Setelah itu sidang pun telah berakhir ricuh.

Beberapa senator DPD ini juga telah mengajukan uji materi pada Mahkamah Agung (MA) terkait dengan masa jabatan pimpinan yang telah dipangkas setengah tersebut walaupun pada akhirnya tata tertib baru tersebut telah ditandatangani. Masalah pun masih belum terlihat hingga akhirnya pada bulan April 2017 ini pada saat DPD kembali membuka sidang Paripurna dan kegaduhan pun telah kembali terjadi.

Jabatan Pimpinan DPD
Copyright┬ęposkotanews

Kegaduhan ini telah kembai terjadi terkait dengan putusan MA, hasil uji materi tata tertib baru DPD pada tahun lalu ini menyatakan untuk mencabut tata tertib baru dan juga masa jabatan pimpinan DPD tetap 5 tahun.

Padahal para senator kubu masa jabatan 2,5 tahun ini sudah membuat agenda pemilihan pimpinan baru di sidang kali ini. Karena sesua dengan tata tertib tersebut, pimpinan DPD periode 2014 ini telah habis masa jabatannya per tanggal 1 April 2017.

Putusan MA pun telah bata dibacakan karena sidang paripurna ini telah berlangsung ricuh. Namun pimpinan DPD masih tetap dipilih.

Keributan ini pun telah semakin menjadi saja. Pihak yang tidak setuju ini mengacu pada putusan MA mengenai masa jabatan pemilihan Osman Sapta dang adalah ilegal. Namun perwakilan dari MA sendiri datang untuk pelantikan Oso dan juga jajaran sebagai pimpinan baru. Tidak ada yang ilegal dalam pelantikan Oso, ungkap MA.

baca juga :

Berita Terkini: Salah Ketik di Mahkamah Agung, Pemilihan Pimpinan DPD Jadi Terbelah!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY