Berita Terkini: Gaji 7 Juta Dapat Rumah DP Rp 0, Bagaimana dengan UMP?

0
586
Anies-Sandi
Copyright©detik

Gaji 7 Juta Dapat Rumah DP Rp 0, Bagaimana dengan UMP?

Indowarta.comRumah DP Rp 0 dengan harga rumah Rp 350 juta yang menjadi program andalan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menyasar warga yang bergaji Rp 7 juta.

Kredit rumah Rumah DP Rp 0 artinya masyarakat yang ingin memiliki rumah dapat mengajukan kredit tanpa harus membayar uang muka. Nantinya uang muka tersebut bakal dipinjami oleh Pemprov. Sehingga masyarakat tidak perlu membayar DP.

Kemudian untuk skema pembiayaan yang inovatif, rentang kreditnya juga bakal ditarik lebih panjang yakni hingga 25 tahun. Memang di depan, pemohon program rumah DP Rp 0 tersebut disyaratkan untuk menabung Rp 2,5 juta oer bulan selama 6 bulan.

WAJIB BACA :  Beda Cara Ahok Djarot dan Anies Sandiaga Saat Tangani Kalijodo!

Sandi juga menjelaskan bahwa hal itu dimaksudkan untuk memastikan bahwa pemohon yang ingin memiliki rumah benar-benar memiliki kesanggupan untuk membayar cicilan selama KPR. Jadi bukan untuk mencicil DP.

Anies Baswedan
Copyright©detik

Namun sayangnya tidak semua warga DKI berpenghasilan Rp 7 juta. Tak sedikit dari warga yang masih bergaji pas upah minimum provinsi (UMP), yakni 3,35 juta. Hingga muncul sebuah pertanyaan mengenai bagaimana nasib dari kelompok tersebut.

Sebelum acara Blak-Blakan Anies-Sandiaga pada kamis (5/4) Sandi menjawab bahwa bagi mereka yang hanya bergaji pas UMP adalah dengan program rumah sewa beli. Maksudnya mereka nantinya akan menyewa dalam jangka waktu yang panjang.

Apalagi menurut Sandi, kelompok masyarakat berpenghasilan di bawah Rp 4 juta per bulan masih sulit jika dipakasakan untuk membeli rumah. Sehingga lebih baik jika mereka menempati rumah sewa yang telah disediakan Pemprov DKI hingga jangka waktu yang tidak dibatasi.

WAJIB BACA :  Sandiaga Uno Akan Bertemu Djarot Malam Ini, Bahas Soal Apa?

Sandi mengatakan, “Selama mereka masih di antara Rp 3,5 juta-Rp 4 juta dan memiliki pendapatan bersih (pendapatan yang sudah dikurangi pengeluaran) itu di bawah Rp 3,5 juta susah sekali untuk memiliki rumah sendiri”.

Maka dari itu, menurutnya alangkah leih baiknya jika masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp 3,5 juta tinggal di rumah sewa sembari menabung untuk dapat membeli rumahnya sendiri.

Baca Juga Beredarnya Video Chat Hot Sandiaga Uno dan Marcella Zalianty, Isinya Bikin Merinding, Asli?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY