Berita Terkini: Bagaimana Nasib Jakarta Bila Tak Lagi Menjadi Ibu Kota Indonesia?

0
793
Jakarta
Copyright©jakartaevent

Berita Terkini: Bagaimana Nasib Jakarta Bila Tak Lagi Menjadi Ibu Kota Indonesia?

Indowarta.com– Wacana mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Luar Pulau Jawa ini tengah bergulir. Pada saat ini pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasinal (PPN) Bappenas ini sendag melakukan kajian rencana pemindahan ibu kota negara ini. Bagaimana nasib Jakarta apabila ibu kota akan dipindah?

Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati ini tellah menuturkan bahwa pemindahan ibu kota ke luar pulau Jawa ni tidak akan memberikan dampak kepada Jakarta. Hal lini karena tidak lagi menjadi ibu kota, namun Jakarta masih akan menjadi pusat perekonomian negara.

Jakarta
Copyright©wikimedia

Enny kepada awak media pada hari jumat 14 April 2017 ini telah mengatakan “Jakarta secara ekonomi sudah punya Tanjung Priok yang konektivitasnya internasional. Ke semua wilayah terhubung. Jadi apa ruginya investasi dan kegiatan ekonomi di Jakarta kalau ibu kotanya pindah?”. Enny mengatakan bahwa kegiatan bisnis yang selama ini telah berpusat di Jakarta tidak akan berdampak karena tidak terlalu terkait degnan masalah birokrasi yang ada.

Enny menjelaskan “Kecuali misalnya bisnis yang katakanlah bersifat kronisme. Tapi kalau bisnis yang komersial enggak ada masalah, kan enggak ada hubungannya dengan ibu kota sebagai pusat ekonomi sekarang dengan kepentingan birokrasi politik. Karena kalau bisnis yang sifatnya komersial itu sudah mekanisme market”.

Enny mengatakan bahwa yang kini menjadi permasalahan adalah pemindahan ibu kota baru itu bisa memberikan manfaat bagi wilayah yang nantinya ditunjuk atau tidak. Hal ini karena masih memerlukan berbagai perhitungan secara matan dan juga menyeluruh lagi untuk bisa memindahkan ibu kota ke luar Jawa.

Enny menegaskan bahwa kalau untuk Jakarta nantinya tidak akan memberikan dampak yang signifikan seperti halnya Malaysia yang ibu kotanya Kuala Lumpur lalu di pindah ke Putrajaya. Kuala Lumpur pun masih tetap samakin maju pusat kegiatan ekonominya.

Belakangan ini telah beredar isu yang menyebutkan bahwa ibu kota akan dipindahkan ke Palangkaraya. Namun hal ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

baca juga :

Berita Terkini: Presiden Jokowi Sudah Rencanakan Perpindahan Ibu Kota Ke Luar Jawa, Palangkaraya?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY