Berita Hari Ini : Baru 25 % Ini Manfaat Bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan Yang belum Bayak Diketahui !

0
771
BPJS Ketenagakerjaan

Berita Hari Ini : Baru 25 % Ini Manfaat Bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan Yang belum Bayak Diketahui !

indowarta.com– Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Banda Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan I Nyoman Mastera menyebutkan peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kalimantan Tengah (Kalteng) kini baru mencapai 25%. Hal ini berdasarkan survey 2015 jumlah tenaga kerja di Kalteng mencapai 600.000 jiwa. Dari jumlah tersebut baru 25% yang terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Nyoman menjelaskan kalau setiap perusahaan wajib mendaftafkan setiap karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pihak BPJS diberikan wewenang untuk memberikan sanksi administrasi, bahkan merekomendasikan kepada pemerintah untuk mencabut izin perusahaan yang tidak mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Namun saat ini Nyoman mengaku masih belum meberlakukan peraturan tersebut dikarenakan masih berfokus kepada pendekatan. Nyoman menyebutkan jika sanksu itu diberlakukan akan berbuntut panjang. Misalnya akan bertambahnya angka pengangguran jika peraturan pembekuan ini diberlakukan. Namun jika upaya ini tidak dijalankan oleh perusahaan, maka tindakan tegas akan dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah dan Perizinan Kalimantan Tengah mengaku telah mendorong setiap perushaan untuk mengikutsertakan pegawainya di BPJS Ketenagakerjaan. Pihaknya akan memeriksa setiap perusahaan untuk mendapatkan data karyawan yang belum mengikuti BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini dilakukan bukan dalam rangka mempersulit izin perusahaan. Namun hal ini dilakukan agar seluruh warga mendapatkan jaminan kesehatan dan kesejahteraan.

BPJS Ketenagakerjaan dapat menjamin masa depan seorang pekerja Indonesia yang handal. Semisal solusi resiko yang kemungkinan terjadi pada sebuah pekerjaan seperti kecelakaan kerja, sakit, kematian dan juga pensin.

Selain itu BPJS Ketenagakerjaan bisa digunakan untuk memiliki bantuan pada pinjaman uang muka ketuka kita ingin membeli sebuah rumah. Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan beasiswa untuk anak pekerja atau karyawan yang kurang mampu, mendapat berbagai macam latian untuk menurunkan resiko pada kecelakaan kerja dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui bahwa BPJS Ketenagakerjaan berbeda dengan BPJS Kesehatan. Ayo tunggu apa lagi, mari bergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan.

baca juga :

Berita Hari Ini : Pendaftaran Lowongan Kerja BPJS Ketenagakerjaan Sudah Mulai Dibuka, Buruan Daftar !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here