Berita Terkini: Ketua KPU dan Bawaslu Terpilih diharapkan Bisa Transparan dan Jaga Kemandirian!

0
704
KPU
Copyright©okezone

Berita Terkini: Ketua KPU dan Bawaslu Terpilih diharapkan Bisa Transparan dan Jaga Kemandirian!

Indowarta.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini telah memilih Arif Budiman sebagai Ketua untuk periode 2017 hingga 2022. Lalu satu hari berselang pun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ini juga telah menunjuk Abhan sebagai pucuk pimpinannya untuk lima tahun ke depan.

Harapan pun telah tersemat di pundah mereka berdua untuk membawa dua lembaga penyelenggara pemilu untuk menjadi lebih baik lagi. Arif maupun Abhan ini dinilai merupakan sosok yang memiliki bekal pengalaman yang cukup untuk memimpin KPU dan juga Bawaslu.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini saat dihubungi pada hari Jumat 14 April 2017 ini telah mengatakan “Kami optimistis ya dengan kepemimpinan sekarang. Bagaimana pun juga mereka bukan orang baru di KPU dan Bawaslu”.

Arief adalah komisioner KPU pada periode sebelumnya yakni 2012 hingga 2017. Sedangkan Abhan ini merupakan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Titi mengatakan bahwa KPU dan juga Bawaslu ini adalah lembaga yang bersifat kolektif kolegial dan juga semua akan diputuskan melalui rapat pleno.

Walaupun begitu juga masih dibutuhkan figur ketua yang kuat sebagai pemimpin tata keola internal dan eksternal. Diharapkan bahwa Arief dan juga Abhan ini akan bisa melanjutkan program KPU dan juga Bawaslu terdahulu.

KPU
Copyright©tstatic

Selain itu mereka berdua juga harus melakukan penataan organisasi menjadi lembaga penyelenggara pemilu yang akuntabell, modern dan juga transparan. Menurut Titi, yang kini menjadi tantangan dari mereka berdua adalah bagaiaman menangani kompleksitas Pemilu di Tanah Air.

Titi menuturkan “Bagaimana kompleksitas penyelenggaraan pemilu bisa direspons dengan tata kelola pemilu yang mencerminkan tata kelola pemilu yang baik, transparan, akuntabel dan modern”. Menurut Titi, Komisioner KPU periode 2012 2017 telah membuktikan diri sebagai KPU yang memiliki standar kemandirian tinggi.

Hal ini lah yang menjadi tantangan bagi para komisioner baru untuk bisa mempertahankan kualitas kemandirian tersebut. Tidak hanya bagi KPU saja, tantangan kemandirian ini juga perlu dibuktikan oleh Bawaslu.

baca juga :

Berita Terkini: KPU DKI Ungkap Alasan Kembali Dapuk Ira Koesno Jadi Moderator Debat Pilkada DKI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here