Berita Terkini: Biaya Perbaikan Jembatan Cipamingkis Diperkirakan Capai Rp 30 Miliar!

0
1177
Jembatan Cipamingkis
Copyright©detik

Berita Terkini: Biaya Perbaikan Jembatan Cipamingkis Diperkirakan Capai Rp 30 Miliar!

Indowata.com– Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat ini telah melakukan peninjauan terhadap kondisi dari Jembatan Cipamingkis yang berada si kampung Jagaita, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. Jembatan cipamingkis telah ambles pada hari Kamis  13 April 2017 kemarin.

Kepala Balai Pengelolaan Jalan dan Penataan Ruang yakni Yngga Bhakti ini telah mengatakan bahwa dari hasil analisis sementara ini, penyebab dari amblesnya jembatan Cipamingkis ini adalah karena erosi air sungai terhadap tanah di bawah jembatan.

Yonga mengatakan bahwa kondisi seperti itu yang telah menyebabkan penurunan tiang penyangga. Selain itu hal ini juga telah diperburuk lagi dengan kendaraan berat yang telah biasa melintas di atas jembatan tersebut.

Yongga pada hari Jumat 14 April 2017 ini telah mengatakan “Salah satu tiang penopang jembatan setinggi 15 meter ambles hingga 1,6 meter. Kondisi itu menyebabkan jembatan melengkung di tengah dan membahayakan bila dilewati kendaraan”.

Yongga berdalih jika Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini sudah menganggarkan mengenai perbaikan Jembatan Cipamingkis pada tahun ini. Sebanyak Rp 7 miliar ini telah dianggarakan untuk penganggaran pemerintah provinsi. Namun dengan kerusakan pada saat ini, dirinya telah memperkirakan bahwa biayanya ini sudah menjadi sebesar Rp 30 miliar.

Jembatan Cipamingkis
Copyright©pojoksatu

Yongga menuturkan “Perbaikan fondasi tiang itu sudah dianggarkan pemerintah provinsi pada 2017. Sekarang sudah masuk tahap tender, tapi jembatannya keburu ambles”. Yongga menuturkan bahwa jika dilihat dari kerusakan yang kini sudah terjadi, maka perbaiki jembatan Cipamingkis ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Yongga mengatakan “Proses perbaikan tidak bisa secara darurat seperti membuat jembatan sementara di atas jembatan yang ada,”.

Akibat amblesnya jembatan Cipamingkis ini, akses jalan yang menghubungkan antara Jonggol – Cariiu maupun sebaliknya ini pun tidak bisa dilalui. Kabid Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan bahwa polisi setempat ini sudah melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari korban jiwa. Pada saat ini jembatan tersebut masih belum bisa dilalui.

baca juga :

Berita Terkini: Jembatan Cipamingkis Bogor Patah, Tak Bisa Digunakan Melintas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here