Berita Terkini: Dibangun Selama 8 Tahun, Jalan Tol Akses Tanjung Priok Resmi Dibuka!

0
1036
Jalan Tol Akses Tanjung Priok
Copyright©detik

Berita Terkini: Dibangun Selama 8 Tahun, Jalan Tol Akses Tanjung Priok Resmi Dibuka!

Indowarta.com– Pada hari Sabtu 15 April 2017 ini Jalan Tol Akses Tanjung Priok ini akan segera diresmikan setelah pembangunannya rampung 100 persen. Pertama kali pembangunan jalan tol layang dengan panjang 11,4 kiomter ini telah dilakukan pada tahun 2009 yang lalu. Kurang lebih membutuhkan waktu delapan tahun untuk merampungkan jalan tol akses Tanjung Priok tersebut.

Namun Menteri Pekerajaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR yakni basuki Hadimuljono ini telah mengatakan bahwa pada dasarnya ini pembicaraan untuk membangun tol tersebut sudah dilakukan semenjak tahun 2000 yang lalu dan baru direlisasikan pada tahun 2009. Basuki mengatakan “Jadi sekitar 17 tahun lamanya untuk bisa menyelesaikan jalan tol ini,”.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok
Copyright©detik

Menurut Basuki, lamanya pembangunan jalan tol akses Tanjung Priok ini  memiliki dua faktor. Faktor yang pertama adalah pembebasan tanah yang tidak kunjung usai dan juga pembongkaran 69 tiang yang tidak memenuhi spesifikasi keamanan.

Hal ini karena jalan tol ini telah diprediksi akan dilewati oleh truk-truk yang bermuatan berat. Hal ini membutuhkan tiang pancang dengan spesifikasi tertentu. Basuki mengatakan “Setelah berdebat hampir 2 tahun antara ahli Indonesia dengan Jepang. Akhirnya ahli Jepang minta dibongkar saja. Satu per satu dibongkar dengan biaya dari kontraktornya”.

Jalan tol Akses Tanjung Priok ini merupakan bagian dari jalan tol lingkar luar jakarta (JORR) dan akan tersambung dengan Jalan Tol dalam Kota yakni di Seksi Nort South yang akan menghubungkan antara lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, sertal langsung ke pelabuhan.

Rencananya PUPR ini juga akan segera menunjuk operator yang tepat untuk mengelola jalan tol ini. Ada lima seksi di dalam jalan tol ini yakni Seksi E-1 Rorotan-Cilincing sepanjang 3,4 kilometer, dan Seksi E-2 Cilincing-Jampea dengan panjang 2,74 kilometer.

Lalu ada juga E-2A Cilincing-Simpang Jampea sepanjang 1,92 kilometer, NS Link Yos Sudarso-Simpang Jampea sepanjang 2,24 kilometer, dan NS Direct Ramp dengan panjang 1,1 kilometer. Sementara itu untuk seksi E 1 Rorotan – Cilincing ini akan rampung dan dioperasikan tanpa tarif semenjak tahun 2011.

baca juga :

Berita Terkini: Pengadilan India Keluarkan Surat Penangkapan Untuk Zakir Naik, Kenapa?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY