Berita Terkini: Ketua MPR Tolak Wacana Perpindahan Ibu Kota Indonesia ke Palangkaraya!

0
1864
Ketua MPR
Copyright©Kompasiana

Ketua MPR Tolak Wacana Perpindahan Ibu Kota Indonesia ke Palangkaraya!

Indowarta.com – Terkait dengan wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mendapatkan penolakan dari ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan. Wacana tersebut perlu ditunda mengingat konsidi perekonomian masyarakat Indonesia mash=ih banyak yang mengalami kesulitan.

Usai memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin, Pariaman, Sematera Barat pada kamis (13/4) siang, Ketua MPR mengatakan, “Kita lagu susah kok ada perencanaan pemindahan ibu kota? Ini kan harusnya Pak Jokori fokus saja pada pembangunan infrastuktur.”

Penilakan dari Ketua MPR tersebut bukan tanpa alasan, menurutnya program-program kerja Jokowi memiliki kualitas yang baik terutama soal pembangunan infrastuktur. Maka dari itu, ia berharap agar pemerintah fokus untuk menuntaskan program-program yang telah dirancang untuk rakyat dari pada memikirkan pemindahan ibu kota.

Palangkaraya-Jakarta
Copyright©Istimewa

Sebelumnya, Istana Kepresidenan menyebut bahwa wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memang sudah lama disuarakan. Namun faktanya rencana tersebut hingga saat ini masih dalam tahap kajian.

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan, wacana pemindahan ibu kota muncul beberapa waktu lalu saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Palangkaraya.

Akan tetapi, Johan menegaskan bahwa pemindahan ibu kota bukan prsoalan kecil. Melainkan membutuhkan kajian yang sangat mendalam. Ia sendiri menilai bahwa saat ini Palangkaraya belum cukup siap untuk dijadikan ibu kota negara.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sempat mengatakan pihaknya akan membuka lagi studi-studi mengenai pemindahan ibu kota negara tersebut. studi tersebut dibuka kembali lantaran sudah diperdebatkan.

Ia menilai rencana pemindahan ibu kota merupakan diskusi yang sudah lama berlangsung. Maka dari itu, pihaknya akan membuka kembali studi tersebut. pemerintah sendiri tak menampik jika nantinya akan melibatkan para ahli dan pakar untuk mendiskusikan kemungkinan Palangkaraya akan menjadi ibu kota negara.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan tengah Sugianto Sabran mengaku telah menyiapkan lahan seluas 500.000 ha untuk memfaslitasi wacana pemindahan ibu kota ke Palangkaraya tersebut. lahan tersebut menurutnya tersebar di tiga wilayah yang meliputi Kota Palangkaraya, Kabupaten katngan dan Kabupaten Gunung Mas.

Baca Juga Berita Terkini: Bagaimana Nasib Jakarta Bila Tak Lagi Menjadi Ibu Kota Indonesia?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY