Berita Terkini: Cerita Dibalik Penghentian Pencarian Korban Longsor di Ponorogo!

0
440
longsor Ponorogo
Copyright©detik

Cerita Dibalik Penghentian Pencarian Korban Longsor di Ponorogo!

Indowarta.com – Rupanya banyak cerita dibalik penghentian korban longsor Ponorogo tepatnya di Desa Banaran, Kecamatan pulung, Kabupaten Ponorogo. Mulai dari dukun atau orang yang memiliki kemampuan supranatural, hingga Bupati Ponorogo yang sempat lari untuk menghindari longsor.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni pada Minggu (16/4), pencarian para korban telah dihentikan. Penghentian tersebut mulai dari 8 hari setelah musibah. Selain itu penghentian tersebut juga atas permintaan dari keluarga korban.

Dihadapan keluarga Korban longsor Ponorogo Ipong memberikan penjelasan bahwa kondisi manusia yang pada umumnya jika sudah terkubur selama dua hari, maka kaondisinya sudah tidak lagi utuh. Pihak keluarga menyatakan tidak sanggup jika melihak anggota keluarga mereka ditemukan dalam kondisi seperti itu.

“Saya sampaikan, kira-kira bapak ibu sanggup atau tidak menyaksikan kalau ketemu dalam keadaan rusak. Ternyata hampir semuanya mengatakan tidak sanggup. Tapi ada sekitar 10 orang yang masih tetap meminta proses pencarian dilakukan. Karena suara tidak bulat, saya beri kesempatan selama 1 sampai 3 hari lagi dilakukan pencarian, jelas Ipong.

Longsor Ponorogo
Copyright©tmpo

Bupati Ponorogo itu juga menceritakan bahwa ada kepercayaan di masyarakat yang membuat mereka akhirnya menhentikan proses pencarian. Pada hari ketiga pasca musibah tersebut ada seorang dukun yang mendatanginya dan meminta agar proses pencarian dihentikan agar tidak menimbulkan bencana yang lebih besar nanti.

Namun ia tidak mungkin saran dari dukun tersebutdijadikan referensi untuk menghentikan proses pencarian korban longsor Ponorogo. Namun masyarakat percaya akan hal itu. Sekitar 10 warga lain yang keluarganya ikut tertimbun sebelumnyua tidak mau proses pencarian dihentikan, namun setelah kejadian longsor susulan, warga tersebut akhirnya meminta agar pencarian dihentikan.

Kemudian ditegaskan kembali bahwa penghentian tersebut bukan karena dasar ada informasi dari dukun. Melainkan melihat kondisi di lokasi longsor Ponorogo yang medannya sulit dan dapat menimbulkan bahaya.

Ipong juga menceritakan terkait dengan longsor susulan di lokasi sama. Kala itu banyak relawan yangmelakukan pencarian korban di bagian bawah, termasuk ia dan wartawan yang sedang di dekat lokasi.

Namun tiba-tiba longsoran susulan terjadi, semua orang langsung berlarian mencari tempat titik yang aman. Meskipun longsor sususlan itu berjalan agak lambat dibanding longsoran pertama yang lebih cepat pergerakannya. Usai kejadian itu, pihaknya memutuskan pencarian korban dihentikan.

Baca Juga Berita Terkini: Masih Ada 24 Korban Hilang, Evakuasi Korban Longsor Ponorogo Terpaksa Dihentikan Atas Izin Keluarga!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY