Berita Terkini: KPK Panggil Miryam Soal Keterangan Palsu Terkait Kasus E KTP!

0
335
Miryam S Haryani
Copyrigth©kompas

KPK Panggil Miryam Soal Keterangan Palsu Terkait Kasus E KTP!

Indowarta.com – Kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Miryam S Haryani. Pemanggilan ini terkait dengan kesaksian palsu yang diberikan oleh mantan anggota DPR RI Komisi II ini dalam Kasus E KTP.

Miryam S Haryani sendiri merupakan salah satu tersangka Kasus E KTP yang sudah ditetapkan oleh penyidik KPK sebelumnya. Menurut informasi Miryam akan diperiksa oleh penyidik hari ini tepatnya Selasa, 18 April 2017.

Miryam S Haryani
Copyrigth©detik

Hal ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat berada di Gedung KPK Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam pernyataannya terebut Febri mengungkapkan jika Miryam sendiri diduga memberikan keterangan tidak benar.

‘Tersangka Miryam S Haryani di indiksi memberikan keterangan yang tidak benar dalam persidangan. KPK sendiri sudah memanggil tersangka untuk diperiksa namun tidak datang dan akhirnya penyidikan akan diakukan kembali pada hari ini Selasa, 18 April’ Ujar Febri Diansyah pada Senin, 17 April 2017.

Kasus E KTP sendiri hingga kini belum tuntas dan masih memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mengungkap para tersangka yang terlibat. Diketahui jika kasus korupsi penggandaan KTP elektronik ini telah merugikan negara sebesar 2,3 triliun.

Sedangkan Febri mengharapkan tersangka dapat menghadiri pemanggilan pada hari ini. Jika dalam pemanggilan kali ini Miryam kembali absen pihak KPK akan memeberikan tindakan tegas yakni seperti jemput paksa.

Sementara itu diketahui jika pada Kamis, 13 April 2017 pekan lalu penyidik KPK sudah memanggil tersangkan Miryam. Pemnggilan tersebut merupakan pemanggilan pertama terkait dengan pemerian keterangan palsu yang diduga dilakuaknnya dalam persidagan sebelumnya.

Miryam S Haryani
Copyrigth©kompas

Tetapi Miryam tidak bisa menghadiri pemanggilan tersebut karena ada agenda lain. Miryam sendiri ditetapkan sebagi tersangkan karena memberikan keterangan palsu saat persidangan Kasus korupsi E-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

Kesaksian palsu tersebut disangkalkan ke Miryam karena tak mau mengakui Berita Acara Pemeriksaan  (BAP) darinya saat dilakukan penyidikan. Maka Miryam sendiri dijerat dengan Pasal 22 Jungto Pasal 35 UU Tipikor.

Sementara itu dalam Kasus E KTP pihak penyidik juga sudah menetapkan tiga tersangka lainnya. Ketiganya yakni Imran dan Sugiharto yang sudah ditetapkan sebagi tersangka sejak awal serta Andi Agustinus atau Andi Naronggong.

baca juga Berita Terkini: KPK Periksa Politikus PKS Sampai Demokrat Demi Ungkap Kasus Suap E-KTP !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY