Berita Terkini: Pelaku Intelektual dibalik Kasus E KTP!

0
552
Sidang E KTP
Copyrigth©detik

Berita Terkini: Pelaku Intelektual dibalik Kasus E KTP!

Indowarta.com– Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK kini telah memastikan bahwa akan mengusut tuntas kasus E KTP.  Penanganan kasus ini tidak akan berhenti di tiga orang yang kini sudah ditetapkan menjadi tersangka saja.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi yakni Saut Situmorang ini telah berjanji akan membongkar otak dari korupsi yang telah diduga ini menyebabkan kerugian kepada negara hingga senilai Rp 2,3 triliun.

Saut pada saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta yang telah digelar pada hari Senin 17 April 2017 ini mengatakan bahwa pihaknya kini juga memeriksa beberapa fakta meterial kasus E KTP di dalam rangka mengungkap bukti dan juga menemukan bukti pelaku intelektual perkara tersebut.

Menurut Saut, penyidik ini harus terus melakukan pendalaman keterangan para tersangka dan juga beberapa saksi.. Selain itu KPK sendiri juga telah memantau sidang perkara tersebut di tengah berjalan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi atau Tipikor Jakarta. Hal ini dilakukan untuk menemukan aliran dana yang merupakan hasil dari kasus E KTP ini.

Saut mengatakan “Sejauh ini sudah dilakukan pemeriksaan kerugian negara yang ditimbulkan akibat pelaksanaan e-KTP Rp 2,3 triliun (lebih). Pemeriksaan aliran dana terkait hasil kejahatan dilakukan. Serta upaya membalikkan kerugian negara”.

ektp
Copyright©Cirebon Media

Sebelumnya KPK sendiri telah menetapkan sebanyak tiga tersanga dalam kasus E KTP ini. Mereka bertiga adalah Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman, Pejabat Pembuat Komitmen pada Dukcapil Kemendagri Sugiharto, dan pengusaha rekanan Kemendagri Andi Naragong.

Sementara ini perkara Irman dan sugiharto dalam kasus E KTP ini masih terus bergulir di pengadilan. Akibat dari perbuatannya, dua tersangka tersebut yakni Irman dan jgua Sugiharto telah dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) atas Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

baca juga :

Berita Terkini: KPK Panggil Miryam Soal Keterangan Palsu Terkait Kasus E KTP!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY