Berita Terkini: Kapolri Siap jaga Netralitas Saat Amankan Pilkada DKI!

0
542
Pilkada DKI
Copyright©detik

Kapolri Siap jaga Netralitas Saat Amankan Pilkada DKI!

Indowarta.com – Untuk mengamankan jalannya Pilkada DKI kali ini anggota kepolisian siap untuk mengamankan. Kapolri Jenderal Tito Karnvian menegaskan netrlisasi akan dilakukan saat berlangsungnya Pilkada oleh pihak Polri dan TNI.

Tito meminta agar personel yang ditugasi mengamankan jalannya Pilkada DKI diminta untuk fokus dalam mengawal pemungutan suara putaran kedua. Mengenai hal ini disampaikan langsung oleh Tito saat memberikan pengarahan pengarahan.

Dia mengatakan jika dalam pemilihan gubernur ada dua unsur yang tidak akan menyampaikan hak pilihnya. Dua unsur tersebut yakni Polri dan juga TNI yang harus menjalankan tugas mengamankan jalannya pemilihan kepala daerah kali ini.

‘Untuk Pilkada DKI Jakarta kali ini Polri dan TNI merupakan dua unsur yang tidak meiliki hak pilih. Maka dari itu kedua unsur ini diminta untuk netral dan melakukan tugas menjaga keamanan dengan sebaik mungkin’. Ujar Tito Karnavian pada Selasa, 18 April 2017.

Pilkada DKI
Copyright©detik

Untuk Pilkada DKI Jakarta sendiri membutuhkan pengamanan yang berlapis oleh aparat negara. Tito menegaskan jika pengamanan merupakan salah satu barometer naisonal dan sinergitas seluruh unsur kemanan baik Polri, TNI ataupun Limnas sangat diperlukan.

Tito mengungkapkan jika kunci utama keberhasilan pengamana ialah kekompakan dan sinergi antara pihak kemanan. Dia mengatakan ‘Tugas ini akan dilalui secara bersma. Hal ini melihat dari gerakan massa beberapa waktu lalu dan kunci keberhsilan berada pada kekompkan antara untuk TNI dan Polri’.

Sementara itu untuk pengamanan pihaknya sudah membagi ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah TPS yang disediakan oleh pihak penyelenggara sendiri sekitar 13.034 TPS dan Polri akan menempatkan minimal satu personelnya dan dibantu oleh TNI dan Limnas.

Kapolri sendiri menghimbau agar jajaran petugas keamanan yang ditugaskan bertindak tegas kepada para pelangggar hukum. Tito meminta agar aparat dapat melayani dan melakukan tindakan tegas kepada pihak yang mengganggu atau mengintimidasi di TPS tersebut.

Pilkada DKI sendiri akan berlangsung besok Rabu, 19 April 2017. Daalam pelaksanaannya sendiri akan melibatkan banyak personel Polri amupun TNI untuk melakukan penjagaan dan pengamanan. Seperti biasa personel akan ditempatkan dibeberapa TPS dan juga menjaga beberapa wilayah yang kiranya rawan dengn aksi provoksi.

baca juga Berita Terkini: Masa Tenang Pilkada DKI, Kominfo Diminta Awasi Media Sosial!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here