Berita Terkini: Inilah Lembaga Survey Paling Akurat dalam Gelaran Quick Count Pilkada DKI!

0
1562
Quick Count Pilkada DKI
Copyright©jawapos

Inilah Lembaga Survey Paling Akurat dalam Gelaran Quick Count Pilkada DKI!

Indowarta.com – Dalam setiap pemilihan umum seperti pemilihan kepala daerah maupun pemilihan Presiden tentu pasti ada lembaga Quick Count atau hitung cepat. Seperti halnya pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta ini tentu dihadirkan lembaga survei Quick Count Pilkada DKI nantinya.

baca juga : Berita Terkini: Masa Tenang Pilkada DKI, Kominfo Diminta Awasi Media Sosial!

Mengenai lembaga survei tersebut tentunya masyarakat juga bertanya-tanya siapakah lembaga yang paling akurat melakukan quick count. Seperti Quick Count Pilkada DKI putaran kedua ini nanti juga perlu dinantikan.

Mereka lembaga survei nantinya akan berlomba-lomba menyodorkan hasil survei yang mereka dapatkan. Dan berdasarkan pemantauan dari putaran pertama Pilkada DKI Jakarta lalu menunjukan beberapa lembaga survei yang melakukan quick count.

Quick Count Pilkada DKI
Copyright©jawapos

Sejumlah lembaga tersebut diketahui mempunyai selisih ketepatan denagn hasil real count di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sangat kecil. Hal tersebut terbukti saat dibandingkan antara real count KPUD dengan quick count lembaga survei berbeda tipis.

Seperti yang ditunjukan dalam Quick Count Pilkada DKI memperlihatkan jika perhitungan KPUD terlihat perbedaan sangat kecil dengan lembaga survei. Terlihat untuk putaran pertama lalu pasangan Agus-Sylvi sebesar 17,07 persen, Ahik-Djarot 42,96 persen dan Anies-Sandi 39,97 persen.

Sedangkan jika dibandingkan dengan hasil Quick Count lembaga survei selisih angka yakni antara 0,17 persen hingga 1,67 persen. Dan salah satu lembaga survei yakni Quick Count LSI Denny JA kembali menunjukan selisih terkecil dengn perhitungan KPUD.

‘Nampak Quick Count LSI Denny JA menunjukan selisih terkecil dengan real count yang dilakukan oleh KPUD dengan selisi 0,17 persen’ ujar Taufik Febri selaku LSI pada bulan Februari lalu.

Menurut Taufik urutan lembag survei yang memiliki keakuratan perhitungan yakni dipegang oleh LSI Denny. Kemudian selanjutnya diikuti oleh SMRC yang memliki selisih 02,5 persen, Charta Politika 0,53 persen, Indo Barometer 0,55 persen dan terakhir Cyrus Network 0,63 persen.

Hal tersebut menunjukan jika Quick Count Pilkada DKI yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei menunjukan perbedaan yang terbilang kecil dengan real Quick Count. Dan pada gelaran Pilkada putaran kedua DKI Jakarta ini nanti perlu dinantikan siapakah yang nantinya akan menempati urutan teratas lembaga survey yang mempunya keakuratan dalam pergitungan cepat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY