Berita Terkini: Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Begini Pengertiannya!

0
1240
Ahok
Copyright©detik

Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Begini Pengertiannya!

Indowarta.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok  tengah menjalani sidang yang ke 20 dalam kasus dugaan penistaan agama. Sidang Ahok tersebut beragendakan pembacaan tuntutan yang dilakukan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

baca juga : Berita Terkini: Media Asing Turut Soroti Kekalahan Ahok djarot di Pilkada DKI!

Terlihat dalam persidangan tersebut dihadiri terdakwa dan juga seluruh pengacarnya. Hasil dari persidangan tersebut yakni jaksa menuntut hukuman satu tahun penjara dengan masa percobaan selama dua tahun terhadap terdakwa Basuki Thahaja Purnama.

Menurut jaksa sebelumnya jika Ahok telah melanggar pasal 156 KUHP tentang penodaan agama. Sementara itu banyak yang bertanya-tanya terkait dengan tuntutan pidana percobaan yang diberikan oleh jaksa.

Ahok
Copyright©detik

Sementara itu berdasarkan keputusan KUHP pada Kamis, 20 April 2017 pagi tadi menyatakan jika Ahok dituntut dengan hukuman pidanan percobaan. Hukuman tersebut diatur dalam pasal 14a ayat 1 KUHP.

‘Jika hakim menjtuhkan hukuman kurungan satu tahun penjara dan itu tidak termasuk pidana kurungan pengganti maka purtusan hakim dapat memrintahkan jika pidana tak usah dijalani’.

‘Namun kecuali jika pada kemudian hari ada putusan hakim yang mentukan lain. Hal tersebut dikarenakan si terpidana sendiri melakukan suatu tindak pidana sebelum mas percobaan’

Ahok sendiri menjalani sidang yang ke 20 ini di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan) Ragunan, Jakarta Selatan. Nampak dalam persidangan pagi tadi menentukan nasib Gubernur DKI tersebut terkait dengan kasus dugaan penistaan agama yang disandangnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY