Berita Terkini: Hasil Real Count Pilkada DKI Sudah Tuntas, Ahok Tetap Kalah dari Anies!

0
884
ahok anies
Copyrigth©JPNN

Hasil Real Count Pilkada DKI Sudah Tuntas, Ahok Tetap Kalah dari Anies!

Indowarta.com – Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Rabu (19/4) warga DKI telah menggunakan hak pilihnya untuk menentukan siapa yang akan memimpin DKI kedepannya nanti.

Berdasarkan hasil hitung cepat menempatkan pasangan nomor urut Tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno di posisi pertama, mengungguli pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) atau Real Count Pilkada DKI putaran kedua dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI akhirnya telah rampung. Hasilnya pun serupa dengan hasil hitung cepat yang memenangkan pasangan Anies-Sandi dengan perolehan 57,95 persen.

Berdasarkan Real Count Pilkada DKI yang diakses melalui laman website KPU RI pada pukul 21.15 WIB, kamis 20 April 2017 lalu, data yang masuk sudah 100 persen dari total 13.034 TPS di Jakarta. Sebanyak 5.591.198 suara telah masuk ke sistem KPU.

real count KPU
Copyright©KPU RI

Pasangan Anies-Sandi Unggul dengan perolehan suara 57,95 persen. Pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS ini meraih 3.240.057 suara berdasarkan Real Count Pilkada DKI dari KPU.

Sedangkan pasangan Ahok-Djarot hanya mendapatkan 42,05 persen suara. Pasangan yang diusung oleh PDP, Golkar, Hanura, dan Nasdem ini tercatat meraih 2.351.141 suara. Dalam Situng, pasangan Ahok-Djarot mengalami kekalahan paling telak di Jakarta Selatan.

Di Jakarta Selatan, mereka hanya mendapatkan 37,9 persen, sementara pasangan Anies-Sandi mendapatkan 62,1 persen. Tingkat partisispasi masyarakat yang menggunakan hak pilih di putaran kedua sebesar 78 persen atau 5.661.895 suara dari yang terdaftar sebanyak 7.257.204 suara.

Sementara itu, ada 22 persen warga yang tidak menggunakan hak pilihnya. Kendati nantinya sudah 100 persen, data Real Count Pilkada DKI belum menjadi hasil akhir. KPU nanti bakal memberikan pengumuman resmi setelah menyelesaikan secara manual hasil rekapitulasi formulir C1 yang utama. Data real count tersebut dihitung berdasarkan salinan C1.

Ahok sendiri telah menerima kekalahannya. Bahkan ia telah memberikan ucapan kepada Anies Baswedan. Ia mengatakan Anies adalah Gubernur Jakarta terpilih, yang harus dihormati, termasuk oleh para pendukungnya. Ahok mengajak semuanya untuk melupakan semua ketegangan dan luka kampanye.

Baca Juga Berita Terkini: Prabowo Sebut Sosok Pangliman Pemenangan Anies Sandi di Pilkada DKI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY