Berita Terkini: Ada Kecurangan, KPUD Siap Gelar Pemungutan Suara Ulang Pilkada DKI!

0
6588
Dahliah Umar
Copyright©megapolitan

Ada Kecurangan, KPUD Siap Gelar Pemungutan Suara Ulang Pilkada DKI!

Indowarta.com – Kali ini KPUD Jakarta siap menggelar pemilihan ulang karena menemukan indiksi kecurangan di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua kemarin. Mengenai indikasi kecurangan ini disampaikan oleh Komisioner KPU DKI, Dhaliah Umar.

baca juga : Berita Terkini: Anies Sandi Janji Hentikan Reklamasi, Luhut Siap Bujuk Lanjutkan!

Dahliah mengatakan siap untuk melakukan tindak lanjut terkait laporan kecurangan yang terjadi dalam Pilkada DKI kali ini. Kecurangan ini berupa laporan penggunaan formulir C6 atas nama orang lain saat berlangsungnya pencoblosan.

Sementara itu diktahui jika pencoblosan Pilgub DKI sendiri dilakukan kemarin Rabu,19 April 2017. Dalam pemilihan cagub dan cawagub DKI Jakarta tersebut menunjukan jika pasangan nomer urut tiga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mendapatkan nilai tertinggi.

Dahliah Umar
Copyright©megapolitan

Hal tersebut didapatkan setelah dialakukan quick count atau pehitungan cepat oleh sejumlah lembaga survei. Sedangkan terkait kecurngan ini disampaikan langsung oleh Dahliah saat ditemui di Hall Bina Kara, Hitel Bidarka, Jakarta Selatan.

Saat itu Dahliah Umar mengungkapkan tempat pemungutan suara (TPS) yang melakukan kecurangan. ‘Di TPS 01 Gambir, Jakarta Pusat terdapat lebih dari satu orang yang melakukan kecurangan dengan menggunakan form C6 dengan nama orang lain’ ujarnya pada Kamis, 20 April 2017.

Kecurangan dalam Pilkada DKI tersebut akhirnya dilakukan pengusutan. Pengusutan dilakukan PSU sehinga panitia Kecamatan Gambir mengirimkan rekomendasi kepada Ketua Pemilihan Kecamatan (PPK) Gambir.

Terlihat dalam surat rekomendasi yang dikirimkan kemarin mengatakan jika adanya kesalahan atau kecurangan yang dilakukan. Terlihat tulisan surat itu menjelaskan telah terjadinya penggunaan C6 atas nama Sukadiah dan Saini oleh Hasilah dan Bai.

Lantas pihak Kecamatan Gambir langsung memverifikasi surat tersebut dan terbukti jika pemilih menggunakan formulir C6 yang bukan miliknya. Maka dari itu pihak KPUD sendiri berencana akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Hasil Pilkada DKI
Copyright©jurnalpriangan

Pemungutan suara ulang sendiri akan dilakukan oleh KPU DKI dan akan digelar pada Sabtu, 22 April 2017. Kemudian selain di TPS Gambir ternyata KPU juga menemukan hal serupa di daerah Jakarta Timur.

Sementara itu dengan ini dikatakan jika Pilkada DKI pada putaran kedua kemarin harus di klarifikasi lebih lanjut. Apalagi ditemukan aksi kecurangan semacam ini yang pasti anntinya akan membuat perdebatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY