Berita Terkini: Dahlan Iskan Divonis 2 Tahun Penjara, Pendukung Langsung Istigfar!

0
486
Copyright©Okezone

Dahlan Iskan Divonis 2 Tahun Penjara, Pendukung Langsung Istigfar!

Indowarta.comDahlan Iskan divonis 2 tahun penjara dengan penahanan kota dan denda sebesar Rp 100 juta terkait kasus korupsi pelepasan aset PT PWU oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. Ia dinyatakan terbukti korupsi secara bersama-sama pada pelepasan aset PT Panca Wira Usaha, BUMD Pemprov Jatim.

Sebagaimana telah disebutkan dalam dakwaan subside, Pasal 3 Undang-undang tersebut, Hakim Ketua M Tahsin menyatakan terdakwa terbukti melakukan korupsi nsecara bersama-sama. Sedangakan dakwaan primer, majelis hakim menganggap Dahlan tidak terbukti melakukan korupsi sebagaimana dalam dakwaan primer, yakni Pasal 2 Undang-Undang Tipikor.

Beginilah saat hakim Tahsin membacakan vonis di ruang sidang Cakra Pengadilan Tipikor Surabaya, Jalan Raya Juanda, Sidoarjo pada Jumat (21/4), “Menjatuhkan terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama dua tahun dalam bentuk penahanan kota. Mewajibkan terdakwa membayar denda sebesar Rp 100 juta dengan ketentuan jika tidak membayar diganti dengan kurungan penjara selama dua bulan.”

Dahlan Iskan
Copyright©Merdeka

Vonis tersebut langsung mendapatkan reaksi dari pendukung Dahlan Iskan yang memenuhi ruang sidang tersebut. Setidaknya sekitar 40 santri dari Pondok Pesantren Sabilul Muttaqien Magetan langsung menyuarakan takbir dan istigfar sebagai penyemangan terhadap mantan Dirut PT PWU tersebut.

“Allahu akbar, astaghfirullah,”  teriak dari parapendukung usai majelis hakim manjatuhkan vonis 2 tahun. Menanggapi vonis tersebut, Dahlan Iskan kemudian menyatakan banding.

Sementara itu, jaksa penuntut umum pada kejaksaan Tinggi Jawa Timur mengatakan pikir-pikir. Vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim tersebut diklaim 4 tahun lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntutnya 6 tahun penjara serta denda Rp 750 juta dan membayar ganti rugi sebesar Rp 4,3 miliar.

Sebelumnya diberitakan, selain membacakan nota pembelaan atas tuntutan, terdakwa pelepasan aset PT PWU tersebut juga sempat berbicara mengenai fakta baru dalam persidangan. Dahlan mempertanyakan keterangan saksi Sam Santoso dalam persidangan yang menyebut dirinyalah yang memperkenalkan Sam kepada Wisnu Wardhana, ketua tim pelepasan aset.

Ia juga mengatakan saksi Oepoja mengatakan saksi Sam Santoso pernah membantu Wisnu Pradhana memperbaiki pabrik keramik tulungagung, kala itu Wismu menjabat sebagai direktur pabrik keramik Tulungagung.

Eks Menteri BUMN ini juga mengatakan bahwa Sam Santoso adalah pengusaha besar yang dikenal sebagai pemilik dari dua pabrik terkemuka. Namun Dahlan Iskan tetep pasrah tidak dapat merubah tuntutan jaksa.

Penting Berita Terkini: Pengajuan Praperadilan Dahlan Iskan Ditolak, Begini Tanggapan Jaksa Agung!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY