BMKG Beri Penjelasan Soal Hujan Es di Kota Bandung!

0
760
Hujan Es
Copyright©merdeka

BMKG Beri Penjelasan Soal Hujan Es di Kota Bandung!

Indowarta.com – Beberapa waktu kemrin terjadi Hujan Es di hampir seluruh wilayah Bandung yakni pada Rabu, 19 April 2017. Terlihat sejumlah wilayah di kota kembang ini diguyur hujan yang tak biasa ini dan terlihat tumpukan es yang berada di beberapa jalan.

baca juga : Berita Terkini: Begini Penampakan Hujan Es yang Serupa dengan Salju di Bandung!

Nampak Hujan Es yng terjadi di Bandung ini merupakan suatau hal yang tak biasa. Mengeni sebab terjdinya hujan butiran es ini juga dijelaskan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Bandung.

Seperti ungkapan dari Prakirawan BMKG Bandung, Neneng Sugianto mengatakan jika hujan ini turun disebabkan karena proses kondensasi. Menurutnya proses kondesasi terlalu dingin dan tak seperti normlnya sehingga menimbulkan butiran-butiran es.

Hujan Es
Copyright©tribuntimur

Menurut penjelasannya jika ir menguap hingga mencapai titik freezing sangat rendah. ‘Hujan ini terjadi akibat proses kondensasi yang terlalu dingin. Terlihat jika titik Freesing sangat rendah mencapai -44 derajad Celcius sehingga menjtuhkan butiran es’ ujar Neneng pada Rabu, 19 April 2017.

Sementara itu BMKG Kota Bandung menerima laporan jika beberapa daerah di Bandung telah terjadi Hujan Es. Hujan yng biasanya hanya air kini justru butiran es yang jatuh dan bukan hanya itu saja bersamaan dengan hujan juga diserti angin kencang.

Terlihat menurut laporan jika hujan ini terjadi di sejumlah wilayah Bandung seperti Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, Jalan Suci dan Cihampelas. Hal tersebut terlihat dari tumpukan es seperti salju yang terlihat disepanjang jalan daerah tersebut.

Bukan hanya itu hujan disertai dengan angin kencang ini juga membuat beberpa pohon tumbang ke jalan. Dan pihak BMKG Kota Bandung sendiri memperkirakan jika hujan disertai dengan angin kencang masih akan terjadi dalam beberapa hari kedepan.

Pihak BMKG sendiri menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam melakukan kegitan diluar rumah. ‘jika ingin beraktifitas diluar rumah harus berhati-hati karena hujan diprediksi akan masih terjadi dalam dua atau tiga hari kedepan’ ujar Neneng.

Sementara itu daerah yang cuckup parah akibat Hujan Es ini berada di daerah Seloka di Jalan Sukarsari Kelurahan Seloka, Kecamatan Coblong. Nampak tumpukan es seperti salju terlihat tebal didaerah tersebut dan diperkirakan setinggi mata kaki orang dewasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here