Berita Hari Ini : Flyover Semanggi Mulai Digarap Hari Ini, Siap beroprasi Agustus 2017 Mendatang !

0
1204
jembatan semangi

Berita Hari Ini : Flyover Semanggi Mulai Digarap Hari Ini, Siap beroprasi Agustus 2017 Mendatang !

indowarta.comFlyover Semangi digarap hari ini dan diprediksikan akan beroprasi di Agustus 2017 mendatang. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Mitra Panca Persada yang merupakan anak perusahaan Maori Company mengembangkan flyover Semangi. Pembangunan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

Disaksikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, groundbreaking pembangunan flyover Semangi dilaksanakanpada hari ini Jum;at 8 April 2016. Target penyelesaian pembangunan oleh kontraktor Wika ditargetkan memakan waktu 18 bulan dengan menelan biaya sebesar Rp 360 miliar.

Proyek yang berlokasikan di Jalan Jenderal Sudirman itu baru bisa beroprasi pada Agustus 2017. Pembiayaan murni berasal dari pihak swasta untuk kompensasi atas pelampauan nilai koefisien lantai bangunan (KLB).

jembatan semangi

Gubernur DKI Jakarta Ahok mengatakan flyover Semangi ioni akan menjadi ikon baru ibu kota Jakarta. Sebab ini merupakan bentang terpanjang di atas jalan tol dalam kota secara melengkung atau hiperbolik.

Ahok menyebutkan kalau ini sejarah pertama sipil pertama di Indonesia yang memasang precast sepanjang 80 meter di atas Semangi. Ini konstruksi sipil yang sangat luar biasa.

Sebelumnya, jembatan Semangi merupakan jalan laying yang mellingkar-lingkar. Bentuknya mirip dengan daun lalapan semangi sehingga jembatan ini dinamai jembatan Semangi.

Dulunya kawasan ini merupakan rawa-rawa dan juga banyak tumbuh tanaman Semangi. Semangi struktu daunnya agak menyatu dan bertumbuk. Bentuknya yang melingkar sebagai simbol kemakmuran perekonomian. Jembatan Semangi ini berada di kawasan Karet, Semangi dan Setya Budi.

Proses pembangunan jembatan Semangi ini tidak berjalan mudah. Dulu Rakyat Indonesia mengecam keras rencana Presiden Soekarno untuk membangun jembatan itu. Rakyat menilai bahwa pembangunan ini merupakan proyek yang mubazir.

Sebenarnya proyek jemabatan ini merupakan usulan dari Ir Soetami. Kalao itu Ir Soetami menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum. Jembatan ini dibuat dengan tujuan menghindari kemacetan pada saat digelar Asian Games tahun 1962. Meski mendapat banyak kecaman, Presiden Soekarno tetap teguh membangun jembatan Semangi.

baca juga :

Berita Hari Ini : Heru Budi Hartono Calon Pendamping Ahok Di Pilkada DKI Mulai Diperiksa KPK !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here