Berita Hari Ini : Inilah Peran Penting Dibalik Negosiator Dalam Pembebasan Sandera Abu Sayyaf !

0
1733
abu sayyaf

Berita Hari Ini : Inilah Peran Penting Dibalik Negosiator Dalam Pembebasan Sandera Abu Sayyaf !

indowarta.com– Peran seorang negosiator sangatlah penting dalam pembebasan sandera oleh kelompok Abu Sayyaf. Neogsiator diharapkan bisa mengubah pikiran dan rencana penyanderanya.

Benny Mamoto membagikan pengalamannya ketika dia membebaskan Ahmad Resmiadi warga Indineis yang disandera kemlompok Abu Sayyaf. Penyanderaan tersebut terjadi pada Maret 2005 di Filipina.

Purnawirawan polri berpangkat terakhir Inspektur Jenderal ini mengatakan kalau operasi militer berlangsung selama tiga bulan. Operasi berlangsung dari 30 Maret sampai 12 Juni. Dia baru bisa bernegosiasi dengan penyandera ketika operasi militer sudah selesai.

Kala itu pemerintah membentuk tim terpadu. Tim tersebut beranggotakan TNI, Badan Intelijen Negara, Badan Intellijen Strategis dan juga Polri dalam upaya penyelamatan resmiadi. Jenderal Da’I Bachtiar yang menajabat Kapolri pada saat itu menunjuk Benny sebagai negosiator tunggal.

Saat ini kelompok Abu Sayyaf kembali menyandera warga Indonesia. sandera sebanyak 10 orang yang merupakan awak Kapal Brahma 12 dan kapal tongkang Anand 12 yang berlayar dari Kalimantan Selatan dengan tujuan Filipina.

Kapal tersebut dibajak oleh Abu Sayyaf saat melintasi perairan Tawa-Tawi, Filipina Selatan. Untuk membebaskan sandera, kelompok Abu Sayyaf meminta tebusan sebesar 50 juta peso atau setara dengan Rp 15 miliar.

istri-korban-sandera-abu-sayyaf-syok-225810-1

13 hari sudah berlalu, namun 10 WNI tersebut masih belum bisa dibebaskan. Pemerintah Indonesia juga sudah melakukan beberapa upaya. Hari ini merupakan batas terakhir yang ditentukan kelompok Abu Sayyaf untuk membayar tebusan tersebut.

Limar Hari yang lalu, Sutomo mendapatkan kabar kelompok Abu Sayyaf menelepon perusahaan tempat anaknya berkerja. Kelompok ini meminta perusahaan untuk mengabarkan kondisi sandera ke keluarga mereka masing-masing.

Sutomo patut bersyukur karena anaknya Bayu Oktavianto dan Sembilan sandera lainnya dalam keadaan sehat. Namun setelah mendapat kabar tersebut, Sutomo menghubungi nomor tersebut sudah tidak bisa.

Selain itu kabar baik yang lainnya juga datang. Yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi datang kerumahnya dan menyampaikan telah memiliki beberapa opsi untuk membebaskan sandera.

baca juga :

Berita Terkini : Doa Ibu Peter Ini Masih Mengalir Untuk Anaknya Yang Masih Disandera Oleh Kelompok Abu Sayyaf !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here