Berita Hari Ini :Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Untuk Pelajar Tetap Rp 1000 Naik Bus Besar Dan Sedang !

0
2083
tarif angkutan

Berita Hari Ini :Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Untuk Pelajar Tetap Rp 1000 Naik Bus Besar Dan Sedang !

indowarta.com- Penurunan tarif angkutan umum sudah diberlakukan di Jakarta. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan. Dia menuturkan bahwa tariff bus sedang dan bus besar regular yang mulanya Rp 2.000 kini turun menjadi Rp 1.000.

Penurunan tariff angkutan bagi pelajar ini diberlakukan dalam rangka penyesuaian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar. Khusus untuk penumpang pelajar, tariff bus sedang dan besar regular atau patas menjadi Rp 1.000. namun tariff untuk bus kecil tetap dikenakan sama dengan penumpang lainnya yaitu Rp 3.000.

Penetapam tarif angkutan bagi pelajar ini diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Tarif Angkutan Penumpang dengan Mobil Bus Umum. Peraturan ini pun sudah ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama per tanggal 7 April 2016.

 tarif angkutan

Sedangkan untuk penumpang umum, untuk bus sedang dan bus besar regular atau patas sebesar Rp 3.500. Pergub ini juga ditetapkan Basuki Tjahaja Purnama mengatur penurunan tarif angkutan taksi.

Tariff taksi terbaru adalah biaya buka pintu Rp 6.500 yang semulanya Rp 7.500, biaya perkilometer jadi Rp 3.500 yang mulanya Rp 4.000 dan biaya tunggu atau jam turun menjadi Rp 42.000 yang mulanya Rp 48.000. Ahok juga meminta masyarakat ikut turut serta dalam mengawasi pelaksanaan tariff baru angkutan umum tersebut.

Jika memang ada sopir angkutan umum atau pelaku usaha transportasi yang melanggar peraturan tersebut, Ahok meminta warga untuk melaporkan hal tersebut melalui Qlue supaya bisa ditindak lanjut.

Ahok menegaskan semua angkutan umum wajib mematuhi peraturan yang ada. Masyarakat diminta aktif melaporkan apabila ada penyelenggara angkutan umum yang tidak mau menurunkan tariff. Ahok mengatakan “Kalau dia tidak mau ikut kita razia. SK-nya sudah turun. Jadi bisa ditindak,”.

Surat keputusan untuk penurunan tariff angkutan umum di Jakarta sudah Ahok tandatanganiĀ  pada hari ini Jumā€™at 8 April 2016.

baca juga :

Berita Hari Ini : Dishubtrans DKI Ancam Akan Bekukan Izin Angkutan Umum Jika Tak Turunkan Tarif Pasca Harga BBM Turun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here