Berita Terkini: Diguncang Gempa 5.4 SR, 52 Rumah di Tasikmalaya Rusak Parah!

0
866
Gempa Tasikmalaya
Copyright©detik

Diguncang Gempa 5.4 SR, 52 Rumah di Tasikmalaya Rusak Parah!

Indowarta.com – Gempa degan kekuatan 5.4 Skala Richter (SR) dini hari tadi tepatnya Senin, 24 April 2017 mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat. Akibat Gempa Tasikmalaya ini seperti yang dilihat banyak rumah mengalami kerusakan yakni terdapat 52 rumah warga dan 4 tempat ibadah mengalami kerusakan.

baca juga : Berita Terkini: BMKG Beri Penjelasan Soal Gempa di Selatan Jawa!

Gempa Tasikmalaya ini juga mengakibatkan tiga oragter luka akibat terkena bangunan yang roboh. Mengenai kerusakan ini terlihat dalam data Badan Penaganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut data BPBD menujukan jika akaibat gemba ini berimbas kerusakan bangunan di dua kecamtan. Terlihat bangunan warga dan tempat ibadah yakni 45 rumah rusak di Desa Neglasari Kecamatan Selawu akibat gempa dini hari tadi.

Gempa
Copyright©impediapc

Kemudian 7 rumah lainnya juga mengalami kerusakan yakni di Desa Puspamukti, Kecamatan Cigalontong. Sedangkan di Kampung Pawitan, Desa Neglasari setidakanya ada 12 rumah warga yang mengalami kerusakan yang cukup parah bahkan nyaris ambruk.

Terlihat akibat Gempa Tasikmalaya ini selain membat atap rumah ambruk juga membuat dinding rumah ikut ambruk akibat guncangan gempa. Nampak warga sendiri tak sempat menyelmatkan harta benda mereka karena gempa terjadi ketika warga masih tertidur pulas.

Warga langsung berlarian keluar rumah setelah merasakan getaran akibat gempa ini. Guncangan sendiri berlangsung selama 40 detik dan cukup keras dirasakan oleh warga khususnya kabupaten Tasikmalaya sehingga mereka pun berhamburan keluar rumah.

Gempa Tasikmalaya
Copyright©detik

Salah satu warga bernama Imalasari asal Kampung Pawitan menjelaskan jika dirinya merasakan guncangan saat tengah tertidur pulas dan segera membawa anaknya keluar rumah. ‘Tadi malam saya merasakan guncangan sekitar jam satu saat tertidur pulas. Ternyata ada gempa dan saya langsung membawa anak saya keluar rumah’ ujarnya Senin Siang.

Sementara itu pihak BPBD Tasikmalaya sendiri langsung melakukan penanganan ke lokasi setelah terjdinya gempa. Nampak hingga kini masih tercatat sekitar 52 rumah rusak dan diantaranya ada yang mengalami kerusakan ringan serta kerusakan berat.

Akibat Gempa Tasikmalaya ini hingga kini tercatat dan tiga warga yang mengalami luka akibat peristiwa gempa ini. Sedangkan untuk korban yang rumahnya mengalami kerusakan terpaksa kini harus mengungsi ke rumah saudaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here