Berita Terkini: Gempa Berkekuatan 6.9 SR Guncang Chile!

0
470
Gempa
Copyright©impediapc

Berita Terkini: Gempa Berkekuatan 6.9 SR Guncang Chile!

Indowarta.com– Wilayah Chile kini telah diguncang oleh gempa yang memiliki kekuatan hingga 6,9 Skala Richter. Sejauh ini masih belum ada laporan mengenai kerusakan maupun jatuhnya korban.

Menurut badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS seperti dilansir kantor berita AFP pada hari Selasa 25 April 2017 ini telah menyebutkan bahwa pusat gempat ini telah berada di sekitar 38 kilomter lepas pantai kota resor Valparaiso. Gempa ini terjadi dengan kedalaman sekitar 9,8 kilometer.

Setelah gempa Chile ini telah terjadi, otoritas setempat pun langsung menyerukan kepada para warga untuk meninggalkan daerah pantai. Hal itu telah dilakukan untuk langkah pencegahan menghadapi kemungkinan tsunami akan terjadi. Walaupun demikian, perintah evakuasi tersebut telah dibatalkan setelah tidak ada gelombang tsunami yang telah terjadi.

Badan darurat nasional Chile yakni ONEMI ini telah menyatakan bahwa hingga saat ini masih belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban luka akibat dari gempat yang telah terjadi pada hari Senin 24 April 2017 ini. Gempa ini telah terjadi kurang lebih pada pukul 18.30 waktu setempat.

Gempa
Copyright©Poskota

Salah satu warga yang bernama Paloma Salamo, seorang perawat berusia 26 tahun yang berada di sebuah klinik di Vina del Mar, sebelah utara Valparaiso, saat gempa tersebut terjadi seperti dikutip dari Channel News Asia pada hari Senin 25 April 2017 ini telah mengatakan “Gempanya singkat tapi sangat kuat”.

Presiden Chile, Michelle Bachelet seraya memuji orang-orang karena segera mengevakuasi diri secara teraturn ini telah mengatakan “Sejauh ini tidak ada korban jiwa atau kerusakan yang signifikan”.

Gempa yang melanda Chile ini pun telah dirasakan hingga ke Argentina juga. Menteri DAlam Negeri Chile  yakni Mario Fernandez ini telah mengatakan bahwa terjadi beberapa tanah longsor tapi masih pada umumnya situasinya cukup normal mengingat intensitas gempa. Peraturan yang sangat ketat terhadap konstruksi di Chila ini telah menjadi salah satu penyebab yang menyebabkan kurangny kerusakan bangunan setelah gempa.

baca juga :

Berita Terkini: Diguncang Gempa 5.4 SR, 52 Rumah di Tasikmalaya Rusak Parah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here