Berita Hari Ini : Kelompok Abu Sayyaf Kembali Tewaskan 18 Tentara ELite Filipina Setelah Baku Tembak Selama 10 Jam !

0
1541
abu sayyaf

Berita Hari Ini : Kelompok Abu Sayyaf Kembali Tewaskan 18 Tentara ELite Filipina Setelah Baku Tembak Selama 10 Jam !

indowarta.comAbu Sayyaf berhasil membunuh 18 tentara bersama dengan lima militant Islam setelah terlibat baku tembak yang kurang lebih berjalan selama 10 jam. Selain itu, juga terdapat 50 tentara menderita luka-luka karena baku tembak tersebut.

Hal ini terjadi dalam upaya pembebasan 18 warga asing termasuk didalamnya 10 WNI. Saat itu satu peleton pasukan diterjunkan ke Provinsi Basilan menghadapi hujan peluru dari kelompok Abu Sayyaf.

Media masa setempat menyebutkan bahwa seluruh peleton dihabisi oleh kelompol Abu Sayyaf. Empat diantaranya dipenggal kepalanya. Padahal pasukan yang diterjunkan termasuk dalam pasukan elite Filipina. Pasukan tersebut adalah Batallion khusus ke 4 dan Batallion Infanteri ke 44, mereka dihadang 100 militan Abu Sayyaf.

Kolonel Benedict, juru bicara mililter wilayah Basilan menyebutkan bahwa pasukan mereka dihadang pada saat dalam perjalanan. Abu Sayyaf diduga bersembunyi di pulu Joso. Militer Filipina berusaha untuk mencari jejak kelompok Abu Sayyaf yang kini berafiliasi dengan ISIS.abu sayyaf

Pasukan Batalion Khusus ke 4 yang diterjunkan bukanlah pasukan biasa. Mereka merupakan pasukan dari penerjun paying atau lintas udara. Pasukan ini berada dibawah komando Pasukan Resimen Khusus.

Psaukan Batalion ke 4 ini didirikan pada tahun 1960-an oleh Kapten (Inf) Fidel V Ramos yang sekaligus merupakan komandan pertama pasukan tersebut. Pasukan ini dilatih langsung oleh pasukan khusu AS. Tak hanya itu, pasukan ini dilatiih melalui Operasi Perang Non-konvensional dan Operasi Perang Psikologis.

Sejak pertama kali berdiri, pasukan ini memang dibentuk untuk mengatasi pemberontak dan terorisme utamanya kelompol militan Moro. Kini mereka terlibat dalam upaya pembebasan para sandera oleh Abu Sayyaf.

Sementara itu Batalio Infanteri ke 44 merupakan pasukan dibawah komando Divisi regular Pertama yang juga dikenal degnan nama Divisi Tabak. Pasukan yang terbentuk pada 5 Mei 1936 ini juga ikut serta dalam pertempuran melawan Pasukan Jepang di kawasan Pasifik.

baca juga :

Berita Hari Ini : Inilah Peran Penting Dibalik Negosiator Dalam Pembebasan Sandera Abu Sayyaf !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here