Berita Terkini: Bakal Dilalui Gerhana Matahari Total, Masyarakat Jailolo Gunakan Tempurung Kelapa !!

0
995
GErhana Matahari

Berita Terkini: Bakal Dilalui Gerhana Matahari Total, Masyarakat Jailolo Gunakan Tempurung Kelapa !!

Indowarta.comGerhana Matahari merupakan Acara tersendiri bagi pemerintah Halmahera Barat untuk meramaikan acara pada 9 MAret 2016 di Jailolo. Acara tersebut berupa pagelaran seni budaya, Permainan anak dan juga Tradisi menyambut Gerhana Bulan.

Fenny Kiat yang juga kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat mengatakan bahwa nanti akan ada Pukul Tempurung Kepala. Yang memukul sekitar 150-200 anak sekolah, masyarakat Jailolo dan juga mengajak wisatawan.

Ia juga mengatakan bahwa selain acara Pukul Tempurung, juga akan diselenggarakan pagelaran budaya dan Kesenian Jailolo seperti tarian Legu Lalai, Sara Dabi-Dabi, musik Lou Redi, dan musik Tali Dua.

Selain itu, Dinas Pariwisata Halmahera juga akan menyajikan Tradisi permainan anak Tradisional yang dilihat oleh Wisata yang berkunjung ke Halmahera.

GErhana Matahari

Fenny Nanti sejak jam setengah 9 kegiatan masyarakat berkumpul di titik pengamatan di tempat Festival Teluk Jailolo pinggir pantai jadi bisa terlihat gerhana matahari totalnya.

Menurut Fanny, Pukul tempurung adalah salah satu Tradisi yang telah dilakukan secara Turun temurun oleh nenek moyang di wilayah Jailolo ketika akan menyambut Kedatangan Gerhana Bulan dan Juga Gerhana Matahari.

Masyarakat keluar dari rumah untuk membunyikan segala barang-barang yang ada di dalam maupun rumah seperti panci dan ember. Tapi kalau nanti Gerhana Matahari total akan memakai Tempurung Kepala.

Dengan serangkaian Tersebut, Ia berharap Wisatawan akan dapat mengunjungi Jailolo untuk melihat fonomena Gerhana Total. Pihaknya juga banyak berharap dengan adanya Gerhana Matahari Total dapat Membuat Jailolo dikenal oleh Masyarakat Luas.

Thomas Djalaluddin mengatakan selaku Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional mengatakan bahwa Jailolo adalah salah Satu daerah yang dilintasi oleh gerhana Matahari Total pada bulan maret mendatang.

Ia menambahkan Jailolo bisa menjadi tempat pengamatan gerhana matahari total. Thomas juga menyatakan bahwa Secara umum daerah-daerah yang dilalui oleh Gerhana Matahari Total punya potensi jadi tujuan kunjungan wisatawan. Namun biasanya daya tarik Wisata yang ditawarkan bukan gerhananya, namun adalah fenomena gerhana matahari jadi atraksi wisatanya.

baca juga : Berita Terkini: Fitri Spiderkid Panjat Tower Hingga Gapura, Gagal Jadi Atlet Panjat Tebing !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here