Berita Terkini : Mesin Pencari Google Disebut Rasis Oleh Orang Ini, Setuju ?

0
1021
google

Berita Terkini : Mesin Pencari Google Disebut Rasis Oleh Orang Ini, Setuju ?

indowarta.comGoogle seringkali menimbulkan prasangka rasisme karena lagoritma yang seringkali kacau balau. Keganjalan itu dipublikasikan oleh seorang mahasisw bernama Rosalia. Rosalia mengungkapkan kalau hasil telusuran google image pada mesin peramban yang bisa dikatankan rasis.

Pada saat itu Rosalia sedang melakukan penelusuran dengan kata kunci unprofessional hairstyles for work”. Hasil yang ditampilkan adalah gambar para wanita berkulit hitam dengan haya rambut yang bervariasi namun mayoritas adalah berambut kriting.

Namun hasil yang bisa dibilang rasis nampak ketika Rosalia menelusuri dengan kata kunci “professional hairstyles for work” yang maknanya bertolak belakang dengan kata kunci sebelumnya. Kemudian dari hasil penelusuran tersebut yang muncul adalah gambar wanita berkulit putih dengan rambut yang lurus. Hal yang paling mencolok dari kedua hasil tersebut adalah haya rambut yang berbeda serta warna kulit yang berbeda pula.

Melalui akun Twitternya @BonKamona dia memaparkan hasil screenshoot dua penelusuran tersebut. Sontak hal itu mendapat reaksi yang beragam dari para netizen. Rosalia mendapatlan sekitar 10 ribu retweet.

google

Ini bukan merupakan yang pertama algoritma google menimbulkan prasangka yang bersifat rasisme. Pada Juli 2015 lalu, pengguna bernama Jacky Alcine marah besar karena foto dirinya dengan sang kekasih berada di dalam kategori “gorilas”. Jacky Alcine dan kekasihnya memang merupakan warga berkulit hitam.

Pimpinan Erci Schmidt menyatakan bahwa fitur google image hadir pada tahun 2000. Fitur ini hadir karena banyaknya permintaan user.

Schmidt memberi contoh ketika Jeniver Lopez tampil memukau kalau perhelatan Grammy Award dengan mengenakan gaun hijau Versace pada beberapa tahun silam. Orang-rang tentu ingin melihat fotonya, tidak ada yang menelusuri google untuk membaca beritaya.

Kini google image bisa dikatakan oleh pengguna tidak bertele-tele atau relevan bagi para pengguna. Google image manyajikan galeri foto secara instan dan relevan dari setiap kata atau frase yang dimasukkan oleh para penggunanya. Semoga dengan adanya ini, fitur google image menjadi lebih baik.

baca juga :

Berita Terkini: Alasan Facebook (Fb) Tinggalkan Bb Karena Tak Dapat Mendukung Perkembangan Fitur Fb, Berikut Selengkapnya!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here