Berita Hari Ini : Menkominfo Klaim, Jika Petani Pakai Aplikasi Ini Pendapatan Bisa Naik 15 Persen !

0
2166
menkominfo

Berita Hari Ini : Menkominfo Klaim, Jika Petani Pakai Aplikasi Ini Pendapatan Bisa Naik 15 Persen !

indowarta.com– Kementrian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan Kementrian Perdagangan mendorong penggunaan aplikasi berbasis mobile bagi petani. Hal ini bertujuan untuk mendukung ekonomi kerakyatan.

Beberapa upaya telah dilakukan Menkominfo. Menkominfo Rudiantara menjelaskan ada salah satu program yang didorong yaitu penggunaan aplikasi mobile. Dengan menggunakan aplikasi ini petani bisa menjual langsung produknya ke konsumen. Salah satu dari aplikasi tersebut adalah 5 kilo.

Menkominfo Rudiantara menjelaskan bahwa bisa membeli barang secara langsung dan kemudian dikirim. Dengan begini para petani bisa menjual produknya dengan harga yang lebih baik dan konsumen bise membeli barang dengan harga yang lebih murah.

menkominfo

Menteri Pedagangan Thomas Trijasih Lembong menyatakan bahwa dengan adanya aplikasi ini ditargetkan mampu meningkatkan penghasilan para petani. Karena degnan aplikasi ini petani bisa menjual produknya secara langsung ke konsumen. Dengan aplikasi 5 kilo ini, ditargetkan penghasilan petani bisa meningkat sebesar 15 persen dan harga untuk konsumen bisa turun hingga 15 persen juga.

Harga jual dan harga beli yang tertera adalah riil harga di pasar. Lebih-lebih aplikasi ini adalah realtime. Bisa dilihat harga jual dan harga belinya petani yang dibayar. Tentu saja juga ada rekaman transaksinya.

Aplikasi 5 kilo sendiri merupakan aplikasi yang memenangkan kompetisi hackathon yang diinisiasi oleh Code4Nation dan Kantor Staff Pemerintah (KSP). Aplikasi ini ditujukan untuk tiga target utama. Target pertama adalah konsumen akhir seperti warung, catering, rumah makan, dll. Nantinya mereka bisa memesan produk pertanian yang mereka perlukan langsung dari aplikasi ini.

Target yang kedua adalah petani. Disini para petani bisa melihat daftar pesanan yang dipesan oleh konsumen kemudian mengirimnya. Pihak ketiga adalah pemerintah yang bertindak sebagai pemantau dan pengontrol harga komditi tersebut. Hal ini bertujuan agar harga terjaga dan tidak terjadi kenaikan harga karena permainan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Semoga aplikasi ini bisa bermanfaat bagi semua pihak.

baca juga :

Berita Hari Ini : Dishubtrans DKI Ancam Akan Bekukan Izin Angkutan Umum Jika Tak Turunkan Tarif Pasca Harga BBM Turun !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here