Berita Terkini: Fahri Hamzah Beberkan Alasan Tetap Ketuk Palu Hak Angket KPK Meski Dihujani Interupsi!

0
1068
Fahri Hamzah
Copyright©kompas

Fahri Hamzah Beberkan Alasan Tetap Ketuk Palu Hak Angket KPK Meski Dihujani Interupsi!

Indowarta.com – Meski ada tiga fraksi yang menolak, rupanya pimpinan rapat paripurna DPR Fahri Hamzah tetap mengetuk palu tanda hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disetujui. Fahri beralasan hal tersebut ia lakukan karena mayoritas fraksi  menyetujui hak angket KPK tersebut.

Wakil Ketua DPR tersebut mengatakan hak angket tersebut berasal dari Badan Musyawarah (Bamus) untuk disetujui lantaran dibahas di dalam rapat paripurna DPR RI.

Selain itu ia juga menyatakan jika fraksi-fraksi tidak memasukkan anggota atau tidak mengirimkan anggotanya untuk pansus, maka pansusnya tidak ada. Meski DPR telah setuju untuk menggunakan hak konstitusionalnya untuk melakukan penyelidikan.

Hak Angket DPR
Copyright©okezone

“Tapi kalau surat dari fraksi-fraksi tidak menyetujui karena dengan cara tidak mengirimkan anggotanya ya hak angketnya, pansus angketnya tidak ada,” ujarnya.

Fahri Hamzah menegaskan bahwa kini keputusan hak angket tersebut telah disetujui oleh DPR RI. Terkait dengan adanya tiga fraksi yang menolak hak angket KPK tersebut dan melakukan aksi walk out, politikus PKS tersebut mengaku sudah menanyakan kepada mereka sebelum mereka melakukan interupsi.

“Kan saya sudah tanya, setelah tiga fraksi tidak setuju, saya tanya fraksi lain, yang ada itu Pak Masinton. Ya sudah saya bilang ini yang terakhir, ya sudah berarti tidak ada lagi. Ya sudah saya tanya anggota, sudah selesai,” tegas Fahri.

Terkait tiga fraksi yang melakukan aksi walk out atau meninggalkan ruang rapat paripurna ketika seluruh anggota DPR RI tengah membahas persetujuan usulan hak angket KPK tersebut adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, dan Partai Demokrat.

Sikap Fahri yang mengetuk palu tersebut tentu membuat banyak anggota dewan yang hadir melakukan interupsi. Namun, hujan interupsi anggota dewan tersebut rupanya tidak dihiraukan oleh Fahri Hamzah.

Sekretaris Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan bahwa pihaknya walk out lantaran kecewa terhaap Fahri Hamzah tidak mengakomodir suara anggota dewan. Anggota komisi IV DPR ini menilai pimpinan rapat hak angket KPK ini tidak menjalankan mekanisme sesuai dengan aturan.

Baca Juga Berita Terkini: Rapat Paripurna Hak Angket KPK Ricuh, Beberapa Anggota DPR Walk Out!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here