Berita Terkini: Tarif Listrik Naik Lagi, Khusus Untuk Pelanggan Mampu!

1
1030
tarif listrik
Copyright©jawapos

Tarif Listrik Naik Lagi, Khusus Untuk Pelanggan Mampu!

Indowarta.com – Kali ini tarif dasar listrik (TDL) kembali naik untuk golongan 900 VA pada awal bulan ini yakni 1Mei 2017. Tarif Listrik ini naik dua kali lipat dari tarif sebelumya yakni pelanggan harus membayar Rp 1.352 per kWh dari harga sebelumnya Rp 329 per kWh.

baca juga : Berita Terkini: Tarif Listrik 900 Va Naik Mulai Tanggal 1 Maret Hari Ini !

Naiknya Tarif Listrik ini namoakanya akan menjadi kenaikan yang terakhir kalinya. Karena hal ini tercantum dalam Peraturan Meteteri (Permen) Ekonomi Sumber Daya Manusia (ESDM) 28/2016 tentang tarif tenaga listrik yang disediakan oleh PLN.

Sementara itu diketahui jika tarif ini hanya diperuntukan untuk keluarga yang mampu dan mempunyai golongan listrik 900 VA. Sedangkan untuk masyarakat yang menggunakan listrik 9000 VA nonsubsidi tarifnya akan disesuaikan dengan harga keekomomian.

tarif listrik

Tarif pelanggan perumah tangga nonsubsidi diketahui sekarang yakni Rp 1.467,28 per kWh da itu menujukanjika pengguna daya 900 VA kembali merasakan kenaikan. Namun hal tersebut tak termasuk tiga bulan kenaikan yang tengah berjalan sejak bulan Januari, Maret dan Mei.

Mengenai Tarif Listrik ini juga dijelaskan oleh Andy Noorsama selaku Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM. Dia mengatakan jika kenaikan tarif hinggak ini terbilang masih berjalan dengan lancar.

Menurutnya masyarkat mampu mengerti terkait pentingnya subsidi tepat sasaran dan hingga kini tak ada reintansi. Tahun sebelumnya yakni 2016 subsidi tepat sasaran mencapai Rp 60,44 triliun dan diharapkan tahun ini dapat ditekan hingga Rp 45 triliun.

Maka dari itu Andy mengatakan jika pihaknya kini ada target untuk menghemat sampai Rp 15,44 triliun yang atinya akan dilemparkan ke listrik di desa. Hal tersebut termasuk untuk rumah tangga yang belum menikmati listrik di daerah terluar, tertinggal dan terisolasi.

Sementara itu tarif listrik diketahui mulai 1 Januari 2017 mengaalami penyesuaian dan secara bertahap diharuskan membayar tarif normal. Keputusan tersebut diambil berdasarkan data tim Nasional Percepatan Penanggulanagn kemdiakinan (TNP2K).

Terlihat dalam data terdapat sekitar 18,7 pelanggan listrik 900 VA yang tergolong mampu dan tidak ada layak subsisdi. Sedangkan mulai 1 Juli 2017 mendatang tarif listrik 900 VA akan sama dengan daya 1.300 VA.

tarif listrik
Copyright©infografis

Untuk Tarif Listrik baik rumah tangga yakni R-/900VA Rp 605 per kWh, sedangkan untuk tarif rumah tangga daya 900 VA ada dua yakni R-1-900 VA dan R-1/900 RTM (Rumah Tangga Mampu). Kenaikan ini sementara hanya untuk pealnggan yang menggunakan daya 900 VA.

1 COMMENT

  1. Comment:kategori mampu itu dg
    penghasilan nominal brp mnurut pemerintah? ap kita kaum buruh dg penghasilan umr di anggap orang kaya/ mampu? umr aj kenaikan e udah di atur pemerintah. hrusnya pemerintah ksih kjlasan dong yg di ktakan mampu tu yg nominal brp perbulan penghasilanya biar jlas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here