Berita Hari Ini : DPR Sepakat, Batas Gaji Kena Pajak Akan Dinaikkan Jadi Rp 4,5 Juta !

0
2308
gaji pajak

Berita Hari Ini : DPR Sepakat, Batas Gaji Kena Pajak Akan Dinaikkan Jadi Rp 4,5 Juta !

indowarta.comРKomisi XI DPR RI menyetujui  usulan pemerintah untuk menaikkan batas penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Yang mulanya PTKPP adalah Rp 36 atau Rp 3 jt per bulan, kini memjadi Rp 54 Juta sethaun atau Rp 4,5 Juta dalam sebulan.

Batasan gaji bebas pajak tersebut akan diumumkan pada Juni 2016 dan mulai berlakau untuk tahun pajak dan tahun pajak selanjutnya. Mereka setuju dengan penyesuaian PTKP.

Apabila dirinci, batasan PTKP Wajib Pajak orang pribadi disepakati sebesar Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta per bulan. Pertambahan untuk istri yang berpenghasilan dan digabung dengan penghasilan suami Rp 54 juta setahun serta  tambahan untuk setiap tanggungan Rp 4,5 juta.

gaji pajak

Dengan adanya penyesuaian PTKP 2016 ini, dapat terlihat bahwa PTKP yang dikenakan sesuai dengan status Wajib Pajak sebagai berikut :

  1. Tidak Kawin, batas PTKP Rp 54 juta setahun
  2. Kawin tanpa tanggungan (anak) Rp 58,50 juta setahun
  3. Kawin dengan tanggungan 1 orang Rp 63 juta setahun
  4. Kawin dengan tanggungan 2 orang anak Rp 67,50 juta setahun
  5. Kawin dengan tanggungan 3 orang anak Rp 72 juta setahun
  6. Kawin, penghasilan istri digabung, tanpa tanggungan Rp 112,5 juta setahun
  7. Kawin, penghasilan istri digabung, tanggungan 1 anak Rp 117 juta per tahun
  8. Kawin, penghasilan istri digabung, tanggungan 2 anak Rp 121,5 juta per tahun
  9. Kawin, penghasilan istri digabung, tanggungan 3 anak Rp 126 juta per tahun. tersebut tidak dijadikan permasalahan karena pemerintah akan menghitung ulang harga yang ditawarkan.

Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sendiri merupakan pengurangan terhadap penghasilan kotor orang pirbadi atau perseorangan sebagai wajib pajak dalam negeri untuk menghitung Penghasilan Kena Pajak (PKP) yang menjadi obejk pajak penghasilan yang wajib dibayar Wajib Pajak Indonesia.

TPKP ini diatur dalam pasal 7 Undang-undang Nomor 7 Tahun 1983 tentang pajak penghasilan yang mana telah diubah terakhir dengan Undan-Undan Nomor 36 Tahun 2008.

baca juga :

Berita Hari Ini : Menkominfo Klaim, Jika Petani Pakai Aplikasi Ini Pendapatan Bisa Naik 15 Persen !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here