Berita Hari Ini : Proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta Akan Tetap Dilanjutkan Pemprov DKI !

0
1357
proyek reklamasi pantai Jakarta Utara

Berita Hari Ini : Proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta Akan Tetap Dilanjutkan Pemprov DKI !

indowarta.com– Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Tuty Kusumaningwati menegaskan bahwa proyek reklamasi pantai Jakarta Utara akan tetap berlangsung. Untuk melaksanakan proyek tersebut, Pemprov DKI Jakarta yang belandasan Keuputusan Presiden (Kepres) Nomor 52 Tahun 1995 tentang Reklamasi Partai Utara Jakarta.

Tuty mengatakan bahwa izin proyek reklamasi pantai Jakarta Utara seharusnya berlandaskan pada aturan yang telah ada. Jadi Izin kelur pasti ada landasan hukumnya.

Kepres Nomor 52  tahun 1995 telah dianullir oleh Perpres Nomor 54 Tahun 2008 yang membahas tentang penataan ruang Jabodetabek. Namun dengan begitu bukan berarti semua pasalnya diubah. Hanya yang terkait dengan tata rang saja yang diubah.

reklamasi

Dengan demikian wewenang izin proyek reklamasi pantai Jakarta Utara masih merupakan kendali pemerintah daerah, bukan lagi pemerintah pusat.  Atas hukum tersebut, Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disebut Ahok saat dia masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Jakarta ini menerbitkan izin proyek reklamasi Jakarta Utara pulau G kepada Pt Muara Wisesa Samudra, yang merupakan anak perusahaan PT. Agung Podomoro Land Tbk.

Reklamasi ini berdasarkan Kepres Nomor 52 Tahun 1995 dan amanat ini harus dilaksanakan. Jikalau ada yang bersalah dalam amanat ini, seharusnya diproses sesuai hukum yang berlaku.

Disamping itu, Tuty juga yakin bahwa Proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta tidak akan merusak lingkungan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengaku telah meminta para pengembang untuk melakukan rehabilitasi lingkungan di area pulau reklamasi. Reklamasi yang akan dilakukan akan memperhatikan ekosistem juga. Selain bertujuan untuk pembangunan, sisi lingkungan tidak boleh diabaikan.

Saat ini terdapat 9 pengembang yang terlibat dalam Proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Namun hingga saat ini masih ada dua pengemabang yang sudah mendapatkan izin. Mereka adalah PT. Muara Wisesa Samudera untuk mereklamasi pulau G dan PT. Kapuk Naga Indah yang mereklamasi pulau C,D,E. kedua perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan dari PT. Agun Podomoro Land.

baca juga :

Berita Hari Ini : Geledah Ruangan M Sanusi, KPK Temukan Barang Bukti 85 Bundel Uang 100 Ribuan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here