Kota Malang Jadi Peringkat Tertinggi Peraih Nilai UNBK, Tapi. . .

0
1291
UNBK
Copyrigth©miftahululum

Kota Malang Jadi Peringkat Tertinggi Peraih Nilai UNBK, Tapi. . .

Indowarta.com– Kota Malang ini telah berhasil menjadi peringkat tertingi di Jawa Timur hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK SMA/SMK pada tahun 2017 ini. Namun walau begitu ada dua mata pelajaran dengan nilai rata-rata SMK yang memang cukuplah miris. Dua mata pelajaran tersebut adalah Bahasa Inggris dengan nilai 48,14 dan juga Matematika yang memiliki nilai jauh lebih parah lagi yakni 43,36.

Padahal standar kelulusan dari UNBK ini adalah nilai siswa harus memenuhi 55. Hanya mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata mncapai 71,54 dan juga Kelompok Mata pelajaran permintaan (KMP) 76,55 yang dikatakan ini bisa melebihi standar kelulusan.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, nilai siswa yang berada di bawah standar di tingkat SMK ini memanglah sudah sangat banyak. Di Jawa Timur sendiri ini telah mencapai 55,47 persen atau sebanyak 110.437 dari seluruh peserta UNBK yang kini telah mencapai 199.070.

Namun masih belum diketahui dari jumlah 9.097 siswa SMK di Kota Malang yang telah mengikuti UNBK yang telah mendapatkan nilai berada di bawah standar. Namun sangatlah berbeda dengan SMK, untuk nilai rata-rata hasil dari UNBK SMA mulai dari jurusan IPS, IPA dan juga Bahasa ini secara rata-rata telah berhasil memenuhi nilai standar kelulusan yang telah ditetapkan.

UNBK
Copyrigth©metrotabagsel

Pada saat dikonfirmasi mengenai hasil dari SMK itu, Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Negeri kota Malang yakni Wadib Su’udi ini pada awalnya masih merasa enggan untuk memberikan komentarnya.

Dirinya pun hanya menyatakan bahwa ada siswa yang tidak lulus sekian persen tanpa menyebutkan detil angka yang pasti. Namun secara menyeluruh ini SMK di Kota Malang ini unggul apabila di bandingkan dengan SMK yang ada di daerah yang lainnya.

Lalu pada saat ditanyai apakah siswa yang nilainya masih berada di bawah standar ini harus mengulang? Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Kota Batu Adi Prajitno ini telah mengaku bahwa hingga saat ini masih belum ada petunjuk yang jelas.

baca juga :

Berita Terkini: Begini Tinjauan Sumarsono Soal UNBK Di SMAN 3 Jakarta Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here