Berita Terkini : Tak Ditemukan Bukti Baru, Mantan Ketum PSSI La Nyalla Matalitti Menangkan Gugatan Praperadilan !

0
1498
la nyalla mattalitti

Berita Terkini : Tak Ditemukan Bukti Baru, Mantan Ketum PSSI La Nyalla Matalitti Menangkan Gugatan Praperadilan !

indowarta.comLa Nyalla Mattalitti untuk saat ini bisa bernafas lega. Hal ini dikarenakan Pengadilan Negeri Surabaya telah mengabulkan gugatan ketua PSSI itu sebagai tersangka kasus korupsi dana hibah Bank Jatim.

Seluruh eksepsi yang diajukan oleh termohon yaitu Kejaksaan Tinggi Jawa Timur ditolak oleh Hakim. Hakim Ferinandus dalam pembacaan putusan sidah peradilan menyatakan sprindik dari termohon tidak mempunyai hukum yang mengikat. Mengabulkan sebgain gugatan pemohon serta menolak eksepsi termohon untuk keseluruhan.

Hakim juga menyatakan penetapan tersangka terhadap La Nyalla Mattalitti adalah tidak sah. Oleh sebab itu hakim memerintahkan kepada Kejati Jatim untuk menghentikan penyidikan terkait kasus dana hibah Pemprov Jatim karena dinilai melanggar prosedur hukum.

la nyalla mattalitti

Bukti baru tidak ditemukan selama proses penyelidikan hingga La Nyalla Mattalitti ditetapkan sebagai tersangka. Bukti yang selama ini dipaparkan ole Kejati Jatim adalah bukti yang digunakan dalam proses penyidikan terpidana Wakil Ketua kadin Diar Kusuma Putra dan Nelson Sambiring. Dalam pertimbangannya, hakim juga menyebutkan secara formal bahwa termohon telah terbukti melakukan pelanggaran KUHAP dalam menetapkan status tersangka

Kerugian Negara juga telah dikembalikan oleh La Nyalla Mattalitti sebelum dirinya ditetapkan menjadi tersangka. Menurut Ferinandus  jika barang bukti uang yang dituduhkan sebagai kerugian Negara telah dikembalikan sebeum proses penyelidikan dan penyidikan, itu tidak bisa dikatakan sebagai tindak korupsi. Artinya tidak ada kerugian Negara yang ditanggung.

Jika uang yang ditudingkan sebagai barang bukti kerugian telah dikembalikan setelah proses penyelidikan dan penyidikan, itu baru bisa dikatakan tindak korupsi. Kontan hal ini membuat pengunjung yang mendukung La Nyalla Mattalitti bersorak gembira.

Sementara itu kuasa hukum La Nyalla, Fahmi Bahmid menyatakan bahwa kliennya sudah tidak lagi berstatus sebagai tersangka dan buronan. La Nyalla akan pulang ke Indonesia dari tempat persembunyiannya yang diduga berada di Singapura.

Menurut Fahmi, segala implikasi hukum dari penetapan La Nyalla sebagai tersangka korupsi oleh Kejari Jawa Timur otomatis gugur. Begitu juga pencekalan berpergian ke luar negeri dan penetapan sebagai buronan.

baca juga :

Berita Hari Ini : Mengenal Sunny Tanuwidjaja Sosok Pentolan LSM Anak Didik Ahok !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here