Berita Terkini : Tulang Dada M Siyono Terbukti Patah, Densus 88 Langgar HAM ?

0
1660
densus 88

Berita Terkini : Tulang Dada M Siyono Terbukti Patah, Densus 88 Langgar HAM ?

indowarta.com– Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror Mabes Polri dinilai telah melakuan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap M Siyono, warga Klaten Jawa Tengah. M Siyono meninggal dunai setelah ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Mabes Polri.

Tim Komnas HAM beserta Persatuan Dokter Forensi Indonesia dan juga Muhammadiyah telah melakukan autopsi. Berdasarkan hasil autopsi tersebut diketahui M Siyono meninggal dunia karena patah tulang di bagian dada yang mengarah ke jaringan jantung.

Salah satu anggota komisi III DPR, Wenny Warouw di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta menyatakan bahwa oknum atau pengawal yang kerja pada saat itu mungkin capek lalu melakukan kekerasan itu tidak boleh. Menurutnya memang ada yang aneh dalam proses penangkapan terhadap M Siyono. Wajar apabila Muhamadiya dan Komnas HAM mempertanyakan penyebab kematian M Siyono.

densus 88

Tak hanya itu, Wenny juga menanyakan uang Rp 100 juta itu yang diberikan kepada keluarga M Siyono oleh pihak Polri. Jangan hanya semata-mata memberikan uang Rp 100 juta informasi yang minus menjadi plus. Apakah uang Rp 100 juta itu sebagai uang damai?

Kasus kematian M Siyono ini pun dibahas oleh Komisi III DPR dengan mengundang Komnas HAM, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah dan Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) dalam rapat dengar pendapat (RDP). RDP dipimppin oleh Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa. Dalam kesempatan ini, Komnas HAM menyampaikan kronologi kematian M Siyono.

Mengenai M Siyono teroris atau bukan itu penjelasan Densus 88 dan tim pembela yang bisa jelaskan. Pada 15 Maret 2016 Komnas HAM menerima laporan dari kuasa hukum Suratmi terkait peristsiwa meninggalnya M Siyono. Kala itu M Siyono dalam keadaan ditangkap.

Pengaduan tersebut berisikan info bahwa pada Selasa 8 Maret telah terjadi penangkapan terhadap M Siyono sekitar setelah Maghrib di Klaten. Pelaku penangkapan tersebut berpakaian sipil sebanyak tiga orang.

Menurut keluarga M Siyono sehat. Pada 10 Maret terjadi penggeledahan rumah Siyono oleh Densus 88 dan juga aksi penodongan senjata laras panjang kepada ana-anak yang sedang belajar.

baca juga :

Berita Hari Ini : M Siyono Tewas Saat Diperiksa, Densus 88 Disetarakan Dengan Polsek ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here