Berita Terkini: Fenomena Sumur Ambles di Kediri Tembus Angka 228, Begini Analisis Pakar ITB!

0
999
Sumur Ambles
Copyright©portal

Fenomena Sumur Ambles di Kediri Tembus Angka 228, Begini Analisis Pakar ITB!

Indowarta.com – Kali ini Kabupaten Kediri, Jawa Timur dihebohkan dengan kejadian Sumur Ambles yang berada didejumlah perkampunga. Hal ini membuat sejumlah pihak salah satunya Ahli Gelogi di Istitut Tehnologi Bandung, Lambok Hutasoit menelitinya.

baca juga : Berita Terkini: Grup FB ‘Lendir’ Jajakan Gadis dibawah Umur Sampai dengan Mamah Muda!

Ahli Geologi ITB tersebut mengatakan jika Sumur Ambles terjadi secara bergiliran di Kabupaten Kediri ini diakibatkan karena air tanah yang naik. Air yang naik tersebut diketahui dpaat menggerus dinding sumur sehingga mengakibatkan tanah yang berada disamping dan atasnya ambles.

‘Kejadian tersebut diakibatkan karena air mengikis dinding sumur. Kondisi geologis daerah pesisir lepas membuat air tersebut bisa mengikis tanah’ ujarnya pada Selasa 2 Mei 2017.

Sumur Ambles
Copyright©portal

Nampak sumur-sumur warga sendiri bagian dalanya tak dilapisi dengan beton. Maka dari itulah air mudah seklai naik dan mengikis lapisan tanah sumur warga. Akinatnya sumur amles kedalam tanah dan membentuk lubang dengan ukuran lumayan besar.

Lambok menjelaskan terkait dengan kejadian Sumur Ambles ini bisa jadi diakibatkan oleh dua fakto. Faktor yang pertama air tanah yang naik dan yang kedua yakni dindring beton yang berada dalam sumur tidak sampai ke dasar lubang.

Dia mengatakan jika berdasarkan pengalamannya mengebor sumur dilapangan kejadian ini bisa meluas karena amblesnya tanah di pasir halus. Dosen dari Kelompok Keahlian Geologi Terapan di ITB ini juga mengatakan juga dapat beresiko melebar kerumah-rumah warga.

Kejadian amblesnya sumur ini sudah terjadi sejak Senin, 24 April 2017 dan dilanjutkan secara berdgilaran. Mengenai meluasnya kejadian amblesnya sumur ini juga dijelaskan oleh Randy Agata selaku pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri.

Sumur Ambles
Copyright©merdeka

Randy Agata mengatakan jika seumur ambles ini kini tengah meluas ke dua desa yakni Desa Manggis dan Desa Gadungan yang berada di Kecamatan Puncu. Tercatat hingga kini sumur yang amles mencapai 127 sumur dan terdapat 117 sumur yang air didalamnya keruh. Namun data dari pihak lain menunjukan jika sumur yang ambles menyentuh angka 228 sumur.

Sementara sejumlah pihak mengatakan jika Sumur Ambles di Kediri, Jawa Timur ini merupakan fenomena alam. Dugaan saat ini kejadian tersebut karena pengikisan tanah dinding lubang sumur akibat seringnya turun hujan yang mengalir melalui celah lapisan sehingga membuat tanah sediri terkikis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here